Internasional /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 31/05/2022 13:00 WIB

Kanada Larang Kepemilikan Senjata Secara Nasional

PM KANADA
PM KANADA

DAKTA.COM - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pemerintah memperkenalkan Undang-Undang (UU) baru untuk menerapkan pembekuan nasional pada kepemilikan senjata. Bill C-21 ini mencegah orang membeli dan menjual senjata di mana pun di negara itu.

 

"Pada hari aturan ini mulai berlaku, tidak mungkin lagi membeli, menjual, mentransfer, atau mengimpor pistol di Kanada," kata Trudeau pada Senin (30/5/2022). 

 

Jika disahkan, pembekuan senjata api diharapkan mulai berlaku pada musim gugur. Menteri Keamanan Publik Kanada telah mengajukan amandemen peraturan di parlemen untuk memastikan itu dapat diimplementasikan dengan cepat. 

 

UU baru juga mengusulkan pencabutan izin kepemilikan senjata api bagi yang terlibat dalam tindak kekerasan dalam rumah tangga atau pelecehan kriminal, seperti penguntitan. Pemerintah juga akan meminta magasin senjata panjang untuk diubah secara permanen sehingga tidak pernah dapat menampung lebih dari lima peluru dan akan melarang penjualan serta transfer magasin berkapasitas besar.

 

"Selain menggunakan senjata api untuk olahraga menembak dan berburu, tidak ada alasan bagi siapa pun di Kanada membutuhkan senjata dalam kehidupan sehari-hari mereka," kata Trudeau. 

 

Pembunuhan minggu lalu terhadap 19 anak dan dua guru di sebuah sekolah dasar di Texas, Amerika Serikat telah menimbulkan kekhawatiran tentang kekerasan senjata di seluruh dunia. Kanada sudah memiliki batasan kepemilikan senjata yang jauh lebih kuat daripada tetangganya di selatan.

 

Sumber : REPUBLIKA
- Dilihat 644 Kali
Berita Terkait

0 Comments