Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 20/04/2022 14:00 WIB

Daftar Merek Migor 3 Perusahaan yang Terseret Dugaan Korupsi CPO

MINYAK GORENG 6
MINYAK GORENG 6

DAKTA.COM - Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan petinggi dari PT Wilmar Nabati Indonesia (Wilmar Nabati), Permata Hijau Group (PHG), dan PT Musim Mas (Musim Mas) sebagai tersangka dalam dugaan kasus korupsi pemberian fasilitas ekspor minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO).

Pejabat yang ditetapkan menjadi tersangka antara lain Komisaris PT Wilmar Nabati berinisial MPT; Senior Manager Corporate Affair PHG berinisial SMA; dan General Manager Musim Mas berinisial PT. Selain itu, ada pula Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Daglu) Kementerian Perdagangan berinisial IWW sebagai tersangka keempat.

Ketiga perusahaan tersebut merupakan produsen kakap yang memproduksi sejumlah merek minyak goreng kemasan ternama.

 

1. Wilmar Nabati Indonesia
 

Perusahaan yang bergerak di bawah naungan pengelolaan Wilmar International Group ini merupakan produsen minyak goreng Sania Royale dan Fortune. Wilmar Nabati merupakan produsen minyak kemasan konsumen bermerek terbesar di Indonesia.

Merek minyak goreng kemasan yang diproduksi perusahaan milik Martua Sitorus itu adalah sebagai berikut:

- Sania
- Siip
- Sovia
- Mahkota
- Ol'eis
- Bukit Zaitun
- Goldie
- Fortune
- Camilla

Wilmar Nabati Indonesia mengoperasikan sekitar 160 pabrik dan mempekerjakan sekitar 67 ribu karyawan yang ada di lebih dari 20 negara. Namun, produksinya fokus di Indonesia, Malaysia, China, India dan Eropa.

 

2. Permata Hijau Group (PHG)

Permata Hijau Group merupakan salah satu perusahaan sawit terbesar di Indonesia yang berdiri sejak 1984.

Dilansir dari laman permatagroup.com, perusahaan yang berbasis di Medan, Sumatera Utara ini operasinya mencakup seluruh rantai nilai minyak sawit. Mulai dari perkebunan hulu hingga industri tengah dan hilir untuk menghasilkan produk bernilai tambah dan mengirimkan produknya ke seluruh dunia.

Produk PHG di antaranya minyak sawit untuk kebutuhan industri, minyak laurat, biodiesel, lemak khusus, oleokimia, dan minyak goreng kemasan untuk rumahan.

Minyak goreng yang diproduksi oleh PHG adalah sebagai berikut:
- Permata
- Panina
- Palmata
- Parveen.

3. Musim Mas

Grup Musim Mas merupakan salah satu perusahaan kelapa sawit terintegrasi terbesar di dunia. Kantor pusat mereka berada di Singapura, dengan operasi yang mencakup seluruh rantai nilai dan terletak di 13 negara di dunia termasuk Amerika, Eropa dan Asia.

Saat ini, Musim Mas adalah pengekspor minyak sawit terbesar di Indonesia. Perusahaan memproduksi minyak sawit serta produk turunannya sebelum mengekspornya ke pelanggan melalui armada ekstensif kapal tangki dan tongkang.

Dilansir dari musimmas.com, perusahaan yang didirikan pada 1972 ini telah memproduksi minyak goreng kemasan dengan merek sebagai berikut:
- Alibaba
- Alibaba Classic
- Good Choice
- M&M
- Sunco Masterchef
- Sunco
- Surya
- Tani
- Voila


 

Sumber : CNN INDONESIA
- Dilihat 1383 Kali
Berita Terkait

0 Comments