Internasional / Eropa /
Follow daktacom Like Like
Senin, 18/04/2022 07:00 WIB

Erdogan Ambil Sikap atas Penyerangan Masjid Al Aqsa Oleh Israel

presiden turki recep tayyip erdogan dan presiden palestina mahmoud abbas  150113075309 733
presiden turki recep tayyip erdogan dan presiden palestina mahmoud abbas 150113075309 733

ANKARA. DAKTA.COM -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan telah menyampaikan dukungan kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Ahad (17/4). Dia mengutuk intervensi Israel terhadap jamaah di masjid Al-Aqsa Yerusalem.

 

"Selama panggilan kami, saya memberi tahu Abbas bahwa saya sangat mengutuk intervensi Israel terhadap jamaah di Masjid Al-Aqsa dan bahwa kami akan menentang provokasi dan ancaman terhadap status atau semangatnya," kata Erdogan di Twitter.

 

"Turki selalu mendukung Palestina," ujarnya.

 

Erdogan mengatakan telah membahas perkembangan di Al-Aqsa dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres. Dia menilai intervensi dan provokasi Israel menghasilkan kondisi yang tidak dapat diterima. Keduanya juga membahas kemungkinan langkah bersama untuk perdamaian regional.

 

Turki sebelumnya telah meluncurkan berbagai inisiatif di dalam PBB dan Organisasi untuk Kerjasama Islam (OKI) terhadap tindakan Israel terhadap Palestina dan kebijakannya mengenai Yerusalem atau statusnya. Namun, baru-baru ini Ankara dan Tel Aviv sedang menormalkan hubungan  yang telah lama tegang.

 

Awal bulan ini, Erdogan telah memberi tahu Presiden Israel Isaac Herzog bahwa Turki mengharapkan pihak berwenang Israel untuk peka terhadap kondisi di Al-Aqsa selama Ramadhan. Dia menekankan pentingnya mengizinkan orang Palestina memasuki Israel.

 

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan akan mengunjungi Israel dan Palestina bersama Menteri Energi Fatih Donmez pada pertengahan Mei. Kunjungan ini membahas penunjukan kembali duta besar dengan mitranya dari Israel. 

 


 

 

Sumber : REPUBLIKA
- Dilihat 1403 Kali
Berita Terkait

0 Comments