Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 28/01/2022 09:43 WIB

Mengenal Varises: Penyebab, Gejala dan Pengobatan yang Tepat

Bincang Sehat Radio Dakta bersama Mitra Keluarga Bekasi Timur (28/1/2022)
Bincang Sehat Radio Dakta bersama Mitra Keluarga Bekasi Timur (28/1/2022)

BEKASI, DAKTA.COM - Penyakit varises yang sering terjadi pada seseorang dengan aktivitas tinggi tidak bisa dianggap remeh. Semua kalangan usia bisa terkena penyakit ini. Varises lebih sering terjadi kepada orang yang aktivitasnya berat, lebih sering duduk, dan ibu hamil.

"Penyakit varises bisa terjadi kepada orang yang sering kerja atau aktivitas di lapangan atau outdoor, yang sering duduk di kantor, yang mempunyai obesitas, dan juga ibu hamil," ujar Dokter Spesialis Bedah Vaskuler Konsulen Mitra Keluarga Bekasi Timur, dr. Danny Pratama, Sp.B(K)V dalam talkshow Bincang Sehat bersama Dakta secara daring, pada Jumat (28/1).

 



 

Varises sendiri merupakan pembuluh darah vena yang membengkak, membesar, dan seringnya berkelok-kelok di bawah permukaan kulit. Kondisi ini disebabkan oleh adanya masalah pada pembuluh vena.

Pembuluh vena berfungsi membawa darah yang rendah oksigen dari sel dan jaringan kembali ke jantung. Di sana, darah akan “ditukar” dengan darah yang penuh oksigen. Masalah pada pembuluh vena dapat terjadi di bagian mana pun pada tubuh, seperti kerongkongan, lambung, dan hati.

Varises tidak berbahaya, namun kadang hal ini bisa juga menghambat aktivitas. Varises dapat menimbulkan ketidaknyamanan seperti pegal, terasa panas pada vena atau tempat varises. Jika dibiarkan begitu saja akan semakin memburuk.

dr. Danny mengatakan varises dapat diobati dengan beberapa treatment dan operasi. Namun untuk perawatan di rumah dan mencegahnya dengan menggunakan stocking pada bagian tubuh yang mengalami varises ringan.

"Varises dapat diobati dengan treatment dan operasi. Tindakan operasi ini untuk memutus saluran vena yang rusak dan membiarkan darah mencari aliran untuk bisa berjalan. Intinya bagaimana aliran darah bisa kembali ke jantung dan sirkulasinya berjalan. Tapi ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan menggunakan stocking pada bagian yang terkena varises seperti pada betis dan paha. Tapi tentunya dibutuhkan konsisten dan kesabaran," jelasnya.

Ia juga mengingatkan agar konsumsi makanan dan minuman yang bergizi untuk menjaga kesehatan dalam tubuh dan tidak berlebihan aktivitas dengan beban yang berat.

Rekan Dakta bisa mengunjungi Mitra Keluarga Bekasi Timur yang beralamat di Jalan Pengasinan, Rawa Semut, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi. Info hubungi (021) 89999222 atau download mobile apps : AlteaCare. ***[IBN]

Reporter :
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 1076 Kali
Berita Terkait

0 Comments