Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 26/01/2022 09:00 WIB

Heboh Anggaran Kandang Domba/Kambing di Kota Bekasi Rp 2,3 Miliar

PENGADAAN KANDANG KAMBING
PENGADAAN KANDANG KAMBING

BEKASI, DAKTA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengucurkan anggaran sebesar Rp2,3 miliar untuk pengadaan kandang kambing di wilayah Kota Bekasi pada APBD Tahun 2021 .

 

Nilai yang sempat membuat geger publik tersebut justru disambut baik oleh salah satu pengelola kandang kambing. Ketua Kelompok Tani Rawa Panjang Pinggir Kali (Rapikal) Yanto Kamto mengatakan, program canangan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan (Ketapang) Kota Bekasi justru membantu warganya, apalagi selama masa pandemi.

 

Ditambah, pengelolaan kandang kambing sendiri seluruhnya dilakukan oleh Dinas terkait.

 

“Kami sebagai kelompok cuman sebagai penerima saja. Jadi kandang dibuatkan dari Dinas, kambing, pakan, dan semuanya dari Dinas,” kata Yanto ketika ditemui di lokasi, Rabu (26/1/2022).

 

Yanto mewajarkan adanya nilai anggaran yang keluar di APBD 2021 tersebut. Selain pekerjaannya yang dinilai rapih, Pemkot Bekasi juga memberikan garansi perbaikan apabila terjadi kerusakan pada kandang-kandangnya. Selain itu, nilai tersebut pun menurutnya terbagi untuk 100 kandang di 11 Kecamatan.
 

“Wajar kalau di tempat saya ya. Menurut saya pekerjaannya juga rapih. Lagi pula jika ada kekurangan kan masa perawatan kandang atau garansi masih sampai Juni 2022,” jelas dia.



Bahkan, kata dia, kalau rusak nanti dinas yang akan memperbaikinya. “Kalau rusak minta diperbaiki, garansi itu,” sambungnya.

 

kandang tersebut dibangun dengan luas sekira 6x3 meter. Mayoritas konstruksi kandang pun menggunakan bahan baja ringan yang kemudian dilapisi dengan bambu. Lebih lanjut, atapnya juga dibuat dari bahan asbes. Di dalamnya, juga terdapat bahan baja ringan yang membatasi tiap petak kandang kambing.

 

Untuk diketahui, berdasarkan rilis Pemerintah Kota Bekasi tertanggal 23 November 2021, serapan anggaran untuk pengadaan kandang kambing dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan (Ketapang) Kota Bekasi.

 

Adapun serapan anggaranya dipergunakan untuk membangun sebanyak 100 kandang yang tersebar di 11 Kecamatan dan 37 Kelurahan yang termasuk dalam program tersebut.

 

“Pengelolaan peternakan kambing atau domba melalui Dinas Ketapang Kota Bekasi berjumlah sekitar 100 Kelompok atau 100 kandang dalam pengelolaan di Kota Bekasi, terdapat 11 Kecamatan dan 37 Kelurahan yang ikut dalam program dari Dinas Ketapang Kota Bekasi,” kata Kabag Humas Pemkot Bekasi Sajekti Rubiah dalam keterangan tertulisnya, Jumat 21 Januari 2022.

 

Sumber : SINDONEWS
- Dilihat 1967 Kali
Berita Terkait

0 Comments