Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 14/01/2022 08:00 WIB

Ini Kriteria Capres PKS di Pemilu 2024

Sidang Musyawarah Majelis Syuro PKS
Sidang Musyawarah Majelis Syuro PKS

JAKARTA, DAKTACOM - DPP Partai Keadilan Sejahterakan (PKS) membuka membuka diri dan membangun komunikasi dengan seluruh partai politik dan para tokoh bangsa untuk membangun titik temu dalam mengusung Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. 

 
Ketua Majelis Syura DPP PKS DR Salim Segaf Aljufri seusai menggelar Sidang Musyawarah Majelis Syura VI di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (13/1) mengatakan ada beberapa poin yang dihasilkan dalam sidang tersebut salah satunya syarat terkait calon presiden dan wakil presiden yang harus memiliki karakter nasionalis, religius,berkomitmen untuk menegakkan kedaulatan wilayah dan demokrasi, sumber daya alam, pangan, energi dan ekonomi. 
 
"Capres dan Cawapres tidak tunduk terhadap kepentingan pihak asing, mendukung agenda pemberantasan korupsi, serta sosok negarawan yang mempersatukan seluruh elemen bangsa dan tidak memecah belah bangsa," ucapnya. 
 
Salim menambahkan, partainya juga mendukung judicial review presidential threshold di Mahkamah Konstitusi. 
 
"Kami memandang bahwa syarat Presidential Threshold 20% terlalu tinggi sehingga menghambat proses kemunculan lebih banyak calon alternatif kepemimpinan nasional," ujarnya. 
 
Sementara itu, Ketua DPP PKS Ahmad Syaikhu mengatakan PKS menentang wacana penundaan Pemilu 2024 serta menolak berbagai ide dan upaya apapun yang terkait dengan perpanjangan masa jabatan Presiden RI yang tidak sesuai dengan ketentuan dalam UUD NKRI 1945. 
 
"Kami meminta kepada seluruh elit politik dan pemimpin bangsa untuk taat dan patuh kepada konstitusi UUD NRI 1945 serta tetap merawat demokrasi dan semangat Reformasi 1998," tutupnya***

 

Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 1306 Kali
Berita Terkait

0 Comments