Internasional / Timur Tengah /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 19/08/2021 11:22 WIB

Patung Pemimpin Syiah di Afghanistan, Abdul Ali Mazari Dihancurkan

Patung Abdul Ali Mazari.foto ist
Patung Abdul Ali Mazari.foto ist

KABUL, DAKTA.COM – Patung pemimpin milisi Syiah yang berperang melawan Taliban selama perang Afghanistan pada 1990-an di provinsi Bayiman dihancurkan, menurut foto-foto yang beredar di media sosial, Rabu (18/8).

Patung di provinsi Bamiyan tengah itu menggambarkan Abdul Ali Mazari, tokoh syiah yang dibunuh oleh Taliban pada 1995, ketika kelompok itu merebut kekuasaan dari milisi saingannya.

Mazari adalah pendukung minoritas etnis Hazara Afghanistan, yang merupakan anggota sekte Syiah dan dibunuh pemerintahan Taliban sebelumnya. Dimana Taliban merupakan mayoritas Muslim Sunni Afghanistan.

“Dikonfirmasi bahwa patung Shaheed Mazari diledakkan dan dirusak kemarin malam, tepat setelah juru bicara Taliban menjamin ‘amnesti’ dan menghormati hak-hak dasar semua warga negara dalam konferensi pers di Kabul,” tulis Saleem Javed dalam unggahannya di Twitter (18/8).

Sampai saat ini belum ada konfirmasi dari Taliban soal hancurnya patung Abdul Ali Mazari tersebut. Sementara di media sosial hanya beredar foto yang sudah rusak.

 

 

berita sudah naik di Media Dakwah dengan link berita: https://mediadakwah.id/patung-pemimpin-syiah-di-afghanistan-abdul-ali-mazari-dihancurkan/

Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 2108 Kali
Berita Terkait

0 Comments