Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 28/05/2021 13:14 WIB

Volume Sampah di Kabupaten Bekasi Naik 40 Persen. Warga Harus Bijak Memilah Sampah

TPA Burangkeng
TPA Burangkeng

CIKARANG, DAKTA.COM - Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Bekasi mencatat terjadi lonjakan volume sampah mencapai 40 persen selama libur hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Menurut dia, biasanya setiap hari sampah yang diangkut ke TPA Burangkeng yang berada di Kecamatan Setu hanya sebanyak 600 ton.

"Sampah selama libur hari raya lebaran mengalami peningkatan sangat drastis mencapai 40 persen," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Peno Suyatno, Jumat (28/5).

Namun ketika moment libur lebaran kemarin, volume sampah mencapai 40 persen atau sekitar 900 ton setiap harinya.

Peno menjelaskan, melimpahnya sampah disebabkan banyak warga tidak mudik atau pulang kampung dan merayakan Idul Fitri di rumahnya.

"Berbeda dari tahun sebelumnya, sampah lebaran kali ini memang sangat banyak," tandasnya.

Untuk menghindari terjadinya penumpukan sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi mengerahkan 165 truk pengangkut sampah untuk membawa sampah, baik di jalan maupun di permukiman.

Bahkan, apabila sampah menumpuk pengangkutan bisa mencapai dua hingga tiga kali dalam sehari.

Peno mengajak kepada masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah, guna mengurangi beban sampah yang diangkut ke TPA Burangkeng.

Sebab, pengangkutan sampah yang dilakukan petugas dilapangan dilakukan di 23 Kecamatan.

"Karena kondisi TPA Burangkeng sudah over kapasitas, jadi masyarakat harus memilahnya, kasihan petugas kewalahan," katanya.

Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 1652 Kali
Berita Terkait

0 Comments