Nasional /
Follow daktacom Like Like
Senin, 01/03/2021 17:40 WIB

Jokowi Resmikan KRL Yogya - Solo

Presiden Jokowi saat Resmikan KRL Yogya Solo
Presiden Jokowi saat Resmikan KRL Yogya Solo
JAKARTA, DAKTA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kereta rel listrik (KRL) Yogyakarta - Solo. 
 
"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, hari ini saya resmikan operasi kereta listrik lintas Yogyakarta-Solo," kata Jokowi disiarkan secara langsung melalui saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (1/3).
 
Jokowi menjelaskan KRL Jogja-solo adalah transportasi massal yang ramah lingkungan. Selain itu, kereta tersebut lebih cepat dibandingkan KA Prambanan Ekspres (Prameks).
 
"Terpaut kira-kira 10 menit lebih cepat. Kemudian dari sisi biaya operasi juga jauh lebih murah, 640 yang sebelumnya, sekarang 290. Ini sebuah efisiensi yang sangat bagus sekali," ujarnya.
 
Jokowi juga menyinggung moda transportasi menggunakan listrik lebih ramah lingkungan.
 
"Saya kira moda transportasi di negara kita ke depan harus semuanya mengarah kepada kereta transportasi massal yang ramah lingkungan. Juga kendaraan-kendaraan semuanya ke depan harus ramah lingkungan, yaitu listrik," jelas Jokowi.
 
Dia menambahkan, KRL Jogja-Solo diharapkan bisa membantu, baik mobilisasi orang maupun barang dari Jogja ke Solo dan Solo ke Jogja, serta bisa meningkatkan pariwisata dan perekonomian.
 
Turut hadir dalam peresmian itu seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
 

 

Reporter : Warso Sunaryo
- Dilihat 906 Kali
Berita Terkait

0 Comments