Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 01/03/2021 09:10 WIB

20 Nakes RSUD Kota Bekasi Donor Plasma Konvalesen

Wali Kota Bekasi dan Ketua DPRD saat memantau donor plasma konvalesen di Markas PMI Kota Bekasi
Wali Kota Bekasi dan Ketua DPRD saat memantau donor plasma konvalesen di Markas PMI Kota Bekasi
BEKASI SELATAN, DAKTA.COM - Sebanyak 20 tenaga kesehatan (nakes) dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi mengikuti donor plasma konvalesen, Senin (1/3).
 
Ketua PMI Kota Bekasi Ade Puspitasari mengatakan, kerja sama pihaknya dengan RSUD Kota Bekasi semata untuk meningkatkan produksi plasma untuk pasien Covid-19.
 
"Kita sangat mengapresiasi, menurut data sejauh ini baru 20 orang yang berhasil melakukan donor plasma, walaupun yang daftar sudah banyak tapi hasil screening pasti tidak semua bisa," jelas Ade kepada Dakta.
 
Kegiatan pengerahan ratusan nakes RSUD Kota Bekasi melakukan donor plasma di PMI disaksikan langsung Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Ketua DPRD Kota Bekasi, Choiruman J. Putro.
 
Rahmat Effendi menjelaskan, pengerahan massa nakes melakukan donor plasma konvalesen sangat penting.
 
"Nakesnya hari ini dari RSUD, belum lagi nanti kita ada dari Dinkes (Dinas Kesehatan), tidak perlu diajak karena kesadaran mau tidak menyumbangkan darahnya yang saat ini sangat dibutuhkan," kata Rahmat Effendi.
 
Sementara itu, Direktur RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kusnanto mengatakan, ada sebanyak 306 nakes yang pernah terpapar Covid-19 selama penanganan pandemi.
 
Dari jumlah tersebut, sudah dinyatakan sembuh sebanyak 295 orang. Mereka nantinya akan dikerahkan ke PMI Kota Bekasi agar bisa mengikuti donor plasma konvalesen.
 
"Dari 295 orang itu nanti akan di skrining karena ada beberapa syarat yang memang wajib bisa diikuti dalam donor darah plasma konvalesen," tegasnya. 
 
Donor plasma konvalesen merupakan motode terapi pasien Covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi sejak sebulan lalu mulai melayani permintaan donor tersebut.
Reporter :
- Dilihat 807 Kali
Berita Terkait

0 Comments