Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 25/01/2021 13:06 WIB

Ahli Epidemiolog Nilai GeNose Harus Lakukan Uji Coba Selama 1 Tahun

Deteksi COVID 19 Dengan GeNose C19.foto PT KAI
Deteksi COVID 19 Dengan GeNose C19.foto PT KAI
JAKARTA, DAKTA.COM - Epidemiolog dari Universitas Indonesia, Pandu Riono, menyebut alat pendeteksi Covid-19 dari Universitas Gadjah Mada, GeNose, belum bisa menjadi alternatif tes swab PCR maupun tes Antigen.
 
Pasalnya, UGM harus melakukan evaluasi dari uji coba GeNose setidaknya selama satu tahun.
 
GeNose C19 merupakan alat pendeteksi virus corona yang dikembangkan para peneliti UGM dan baru-baru ini telah memperoleh izin edar dari Kementerian Kesehatan. Pengambilan sampel dari GeNose C19 berasal embusan napas.
 
“Jadi kalau Kementerian Kesehatan memberikan izin (GeNose) pakai sementara 1 tahun, seharusnya itu untuk riset, untuk perbaiki prosedur, bukan untuk buka layanan,” ujar Pandu saat dikonfirmasi, Senin (25/1).
 
 
Pandu menyebut telah berbicara dengan pihak UGM terhadap rencana penggunaan GeNose di layanan umum. Menurut dia, pemanfaatan alat pendeteksi yang terlalu cepat akan berbahaya. Apalagi, GeNose belum benar-benar teruji tingkat prediksinya.
 
 
“Enggak bisa jadi alternatif karena masih jauh. Setahun ini masih harus dievaluasi. Pihak UGM janji akan melakukan itu,” kata Pandu.
 
 
Selain itu, klaim akurasi alat pendeteksi yang mencapai 90 persen belum meyakinkan lantaran uji coba terhadap sampel dianggap belum terlampau optimal. Hal ini mengacu pada angka masyarakat terinfeksi virus corona di Indonesia.
 
 
Pandu khawatir alat pendeteksi GeNose akan memberikan hasil negatif palsu yang berpengaruh terhadap psikologi masyarakat. Dengan klaim akurasi 90 persen itu, kata dia, sebagian masyarakat yang terdeteksi negatif Covid-19 bisa saja melepas masker dan tidak menerapkan protokol kesehatan.
 
Menurut situs resmi UGM, GeNose bisa mendeteksi Covid-19 lebih cepat dengan lama waktu pendeteksian sekitar 80 detik. Tarifnya pun diperkirakan lebih murah, yaitu Rp 20 ribu satu kali tes dengan akurasi lebih dari 90 persen. 
 
Kementerian Perhubungan, dikabarkan akan memesan 200 GeNose untuk disebar di stasiun dan terminal bus untuk kepentingan syarat dokumen kesehatan para penumpang perjalanan jauh.
 
Reporter :
- Dilihat 3289 Kali
Berita Terkait

0 Comments