Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 23/12/2020 11:08 WIB

Kaum Millenial Harus Melek Pertanian

Anggota Komisi 2 DPRD Prov.Jabar Faizal Hafan Farid
Anggota Komisi 2 DPRD Prov.Jabar Faizal Hafan Farid
BANDUNG, DAKTA.COM - Upaya menumbuhkan minat kepada kaum millenial dalam ikut andil diprogram pertanian belum seluruhnya optimal.
 
Anggota Komisi 2 DPRD Prov. Jabar, Faizal Hafan Farid menjelaskan perlu ada regulator yang jelas dalam merangkul kaum millenial agar melek terhadap pertanian.
 
"Pengembangan pertanian yang modern harus sudah dipikirkan. Meski dilahan terbatas tetapi pertanian kita sudah jauh lebih baik apalagi dikerjakan oleh kaum millenial," ujar Faizal kepada Dakta dalam Webinar pada Rabu (23/12).
 
Di tengah keterbatasan lahan pertanian, lanjutnya, pemerintah harus melihat tantangan dalam memajukan pertanian Indonesia agar tetep berkembang. Dan ini dapat didukung melalui lembaga pendidikan tinggi dengan basic pertanian melalui kajian penerapan metode pertanian yang modern.
 
"Jadi memang ada kesan pertanian itu kotor. Padahal pertanian bagi millenial itu menjanjikan dengan segala peluang dan tantangannya. Dan kita perlu petani - petani muda yang siap memajukan pertanian kita," papar Faizal.
 
Saat ini program yang tengah disusun di tahun 2021 yakni perencanaan edukasi untuk petani millenial dengan target 1000 duta petani millenial.
 
"Jangan sampai kaum millenial tidak melek dengan pertanian. Ke depan pertanian harus modern. Lahan terbatas tapi kan kebutuhan mengonsumsi beras misalnya, tidak berhenti," papar Faizal.
 
Ia melihat, sejauh ini pertanian terkesan jorok dan tak terawat. Sehingga untuk menciptakan pertanian bersih yang hegienis perlu pertanian modern.
Reporter : Jaenudin Ishaq
- Dilihat 633 Kali
Berita Terkait

0 Comments