Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 01/12/2020 12:52 WIB

Jumlah Warga Miskin di Kota Bekasi Naik 37 Persen

Landmark Kota Bekasi di Jl A.Yani
Landmark Kota Bekasi di Jl A.Yani
BEKASI TIMUR, DAKTA.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bekasi mencatat, selama pandemi jumlah warga miskin mengalami peningkatan 37 persen dibanding tahun lalu.
 
Sekretaris Dinsos Kota Bekasi Asep Kadarisman mengatakan, pandemi Covid-19 terjadi bukan hanya sebagai ancaman kesehatan tetapi telah berdampak pada masalah ekonomi.
 
"Jelas dampak Covid, hasilnya seperti itu (terjadi peningkatan warga miskin), mereka datang dari kampung untuk bekerja di sini, karena pandemi pekerjaan berhenti, mereka sudah ber-KTP Kota Bekasi," kata Asep pada Selasa (1/12). 
 
Berdasarkan Data Terpadu Kesejateraan Sosial (DTKS) 2019, jumlah warga yang masuk dalam kategori miskin sebanyak 106.138 kartu keluarga (KK).
 
"Sampai Agustus 2020 DTKS bertambah sebanyak 152.138 KK kalau dipersentasi ada penambahan sekitar 37 persen," tambah Kepala Bidang Penanggulangan Masyarakat Miskin Dinsos Kota Bekasi Yeni Suharyani. 
 
Dia memastikan, program Dinsos Kota untuk penanganan kemiskinan telah dirancang berupa pemberian modal usaha kelompok.
 
"Ada usaha pemberian barang usaha laundry, untuk meningkatkan usaha atau penghasilan bagi masyarakat miskin yang terdampak covid," tuturnya.
 
Mulai 2021 mendatang, program ini diharapkan bisa berjalan dengan tahap awal akan dibentuk lima kelompok terlebih dahulu. 
 
"Kami buat lima kelompok dulu, satu kelompok isinya lima sampai 10 orang, mulai tahun 2021, nanti kami sesuaikan dengan anggaran yang ada, kalau berhasil, tahun berikutnya nanti berlanjut," terangnya. 
Reporter :
- Dilihat 1747 Kali
Berita Terkait

0 Comments