Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 14/09/2015 16:32 WIB

Dollar Tinggi, 4 Perusahaan di Kabupaten Bekasi Bangkrut

Ilustrasi Pekerja Pabrik
Ilustrasi Pekerja Pabrik

CIKARANG_DAKTACOM: 4 perusahaan telah melapor ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi untuk menutup usahanya disebabkan karena melambungnya nilai tukar dollar.

Kenaikan harga dollar mengakibatkan melesunya ekonomi, produksi perusahaan pun menurun sehingga mengakibatkan efisiensi.

Kepala Bidang Hubungan industrial dan Persyaratan Kerja, Nurhidayah mengatakan pada Senin (14/9), pihaknya telah mendapat laporan tertulis bahwa ada 4 perusahaan yang terpaksa menutup usahanya.

Sementara itu ada 1 perusahaan tidak melaporkan, namun Disnaker telah mengetahui bahwa perusahaan tersebut gulung tikar.

Perusahaan yang tutup tersebut, diantaranya PT. Kirin Dinamika, PT. Delta Inova, PT. Argo Pants, PT. Gunaparamita, dan PT. Panasonic. Dari ke 5 perusahaan, tersebut ada sebanyak 1961 karyawan yang terpaksa di PHK karena perusahaannya tidak mampu lagi beroperasi.

Pihaknya sebagai instansi terkait mengakui hanya menghimbau supaya perusahaan melakukan efisiesi terlebih dahulu sebelum mem-PHK karyawannya.

Nurhidayah mnambahkan, Selain di PHK, ada 6 perusahaan yang terpaksa melakukan efisiensi dengan merumahkan karyawannya.Berdasarkan data, ada sebanyak 368 karyawan yang dirumahkan dan terancam di PHK akibat krisis ekonomi.

Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 7506 Kali
Berita Terkait

0 Comments