Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 26/10/2020 11:28 WIB

PLN UID Jabar Maksimal Berikan Layanan di Tengah Pandemi

Petugas PLN Sedang Mengecek Token Listrik foto istimewa
Petugas PLN Sedang Mengecek Token Listrik foto istimewa
BEKASI, DAKTA.COM - Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aktivitas seluruh manusia didunia, begitu juga di dataran bumi pasundan ini.
 
Guna mendukung aktivitas masyarakat ditengah pandemi COVID-19 khususnya di wilayah Jawa Barat, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat juga turut mendukung pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus dan mengurangi beban ekonomi masyarakat.
 
Program stimulus Covid-19 dari pemerintah, berupa pembebasan dan diskon tagihan listrik untuk golongan tertentu. "PLN akan pastikan tepat waktu dan tepat sasaran, sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kementerian Sosial," kata Manajer Subbidang Pola Operasi dan Pemeliharan Sistem Distribusi PLN UID Jabar, Nur Hidayanto Nugroho kepada Dakta, Selasa (26/10).
 
Seperti diketahui Program ini memberikan biaya listrik gratis kepada pelanggan listrik kategori daya 450VA dan diskon 50 persen kepada pelanggan kategori daya 900VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial. 
 
Bagi pelanggan pasca bayar, bantuan ini akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan, sementara untuk pelangan pra-bayar atau yang menggunakan sistem token. 
 
Besaran bantuan diperhitungkan berdasarkan rata-rata jumlah pemakaian pelanggan tertinggi antara bulan Januari hingga Maret 2020.
 
Token listrik stimulus Covid-19 bisa didapatkan melalui website, dengan cara:
 
1. Buka alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.
3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.
 
PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik. "Caranya buka aplikasi WhatsApp, chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan. Token gratis akan muncul dan pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan," jelas Nugroho.
 
Sementara Manajer Subbidang Revenue Assurance dan Mekanisme Niaga PLN UID Jawa Barat, Yudho Rahadianto mengatakan adanya tambahan program stimulus Covid-19 di bidang kelistrikan, sampai dengan saat ini sudah ada 4 jenis golongan pelanggan listrik yang mendapatkan keringanan, baik berupa pembebasan tagihan maupun pemberian diskon.
 
1. Rumah Tangga 450 VA, Pembebasan Tagihan/ Token Gratis April sd Desember 2020
2. Rumah Tangga 900 VA, Bersubsidi Diskon 50% tagihan/ token listrik April sd Desember 2020
3. Bisnis Kecil 450VA Pembebasan Tagihan/ Token Gratis Mei s.d Desember 2020
4. Industri Kecil 450 VA Pembebasan Tagihan/ Token Gratis Mei s.d Desember 2020
 
Sementara memasuki musim penghujan, berbagai persiapan harus diperhatikan dalam menjaga aset ketenagalistrikan seperti instalasi listrik rumah, alat elektronik ataupun aset listrik milik PLN dengan selalu waspada bahaya lisrik saat musim hujan. "Kenapa kita kita mesti waspada? Karena sifat air yang konduktor, mampu menghantarkan listrik, maka sangat rentan menimbulkan kecelakaan akibat tersengat listrik," tukas Nugroho. 
Reporter : Jaenudin Ishaq
- Dilihat 978 Kali
Berita Terkait

0 Comments