Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 26/10/2020 10:00 WIB

Jaga Kelestarian Alam, Desa Ini Tak Izinkan Pembangunan Perumahan

Jembatan Sasak Mare di Desa Kertarahayu
Jembatan Sasak Mare di Desa Kertarahayu
SETU, DAKTACOM - Keberadaan Desa Kertarahayu di Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi terbilang cukup unik. Kepala Desa (Kades) setempat menerapkan aturan tidak boleh ada perumahan di desanya.
 
Penerapan aturan ini didasari agar desa tersebut tetap asri dan tidak tercemar lingkungan serta menjaga keseimbangan alam, dimana pohon-pohon tetap dibiarkan tumbuh dan rindang.
 
Kepala Desa Kertarahayu Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi Rudi Catur Pribadi, Selasa (26/10) mengatakan aturan tidak boleh ada perumahan sejak mulai menjabat sebagai Kades, bahkan sempat ada pengembang yang mengintervensi untuk membangun perumahan di desanya, namun tidak diizinkan atas dukungan warga. 
 
"Jika ada perumahan, maka keasriannya hilang, kasihan jika warga Bekasi ingin merasakan kesejukan harus mencari keluar daerah seperti Sukabumi dan Cianjur, tau sendiri kan bekasi udah kayak apa?", katanya.
 
Ia berharap aturan ini bisa terus diterapkan setelah tidak lagi menjabat sebagai Kades, penggantinya nanti harus bisa melanjutkan agar desanya tetap asri.
 
Sementara itu, wilayah di Desa Kertarahayu seluas 7.87 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 7.516 orang.
 
Desa tersebut berbatasan dengan Desa Cibening Setu di utara, Kecamatan Serang Baru di timur, Desa Cikarageman Setu di barat, dan Kabupaten Bogor di sebelah selatan.
 
Suasana di Desa Kertarahayu terbilang masih pedesaan dengan banyaknya pohon dan jalan setapak.
 
Di akhir pekan, komunitas sepeda seringkali menjadikan Desa Kertarahayu sebagai jalur bersepeda khususnya di jalur jembatan ikonik Sasak Mare yang sempat viral di sosial media***
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 1289 Kali
Berita Terkait

0 Comments