Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 22/09/2020 09:10 WIB

Ini Cara Kerja Vitamin C Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi buah
Ilustrasi buah
JAKARTA, DAKTA.COM - Vitamin C telah lama dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan vitamin C mendukung produksi interferon. Nah, interferon ini yang bertugas untuk menghadapi keberadaan patogen yang terdeteksi.
 
Tak hanya itu, dikutip dari Healthline, vitamin C juga membantu produksi kolagen dan penyembuhan luka, dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan radikal bebas.
 
Vitamin C juga meningkatkan produksi sitokin oleh sel darah putih. Sitokin berfungsi sebagai protein komunikasi yang dilepaskan dari sel darah putih tertentu dan mengirimkan informasi ke sel lain, sehingga meningkatkan respons imun.
 
Salah-satu buktinya, dalam beberapa penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa meskipun asupan vitamin C secara hal itu dapat mengurangi durasi atau keparahan gejala flu.
 
Dalam 31 penelitian lainnya ditemukan bahwa mengonsumsi 1-2 gram vitamin C setiap hari mengurangi durasi pilek sebesar 18 persen pada anak-anak dan 8 persen pada orang dewasa.
 
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute of Medicine (IOM) menemukan standar asupan konsumsi ideal vitamin C yang harus dikonsumsi tiap tingkatan usia setiap harinya baik dari makanan maupun suplemen. Hasinya dituliskan dalam Recommended Dietary Allowance (RDA).
 
RDA untuk vitamin C berkisar antara 15-75 mg untuk anak-anak, 75 mg untuk wanita dewasa, 90 mg untuk pria dewasa, dan 85-120 mg untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui.***
Editor : Dakta Administrator
Sumber : detikhealth
- Dilihat 1356 Kali
Berita Terkait

0 Comments