Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 17/09/2020 17:32 WIB

Menaker: Subsidi Upah Tahap Keempat Segera Cair

Menaker Ida Fauziyah
Menaker Ida Fauziyah
CIKARANG, DAKTACOM - Kementerian Tenaga Kerja mengunjungi sejumlah pekerja penerima program bantuan subsidi gaji/upah (BSU), di Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.
 
"Mereka adalah pekerja di PT Gunung Garuda yang menerima subsidi upah pada fase pertama. Rata-rata empat orang yang kami kunjungi, mereka menerima program ini sejak tanggal 27 Agustus 2020," kata Menaker Ida Fauziyah, Kamis (17/9).
 
Ida menjelaskan, penerima subsidi upah merupakan pekerja aktif yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan rajin membayar iuran lebih dari 10 tahun.
 
Mereka, kata Ida, menyampaikan bahwa subsidi upah memberi manfaat kepada keluarga. Karena dampak Covid-19 ini memaksa perusahaan untuk mengurangi produksi yang berakibat ada penyesuaian produksi.
 
"Mereka menyadari betul bahwa kondisi sulit dan mengerti kondisi perusahaan. Dengan adanya subsidi upah, mereka berterima kasih. Paling tidak bisa dapat menggantikan sebagian upah yang mereka terima karena kondisi Covid-19 ini," tuturnya.
 
Adapun Kemnaker sudah melakukan transfer ke rekening pekerja dengan tiga tahap diantaranya, tahap pertama kepada 2,5 juta pekerja, fase kedua sebanyak 3 juta pekerja, dan fase ketiga mencapai 3,5 juta pekerja.
 
Saat ini Kemnaker sudah menerima data pekerja baru dari BPJS sebanyak 2,8 juta calon penerima subsidi upah di fase keempat. 
 
"Mudah-mudahan dapat diproses fase keempat ini sesuai dengan juklaknya. Mulai hari ini kita akan melakukan check list data pekerja. Kita akan menyesuaikan data pekerja yang diserahkan dari BPJS Ketenagakerjaan," katanya.***
Reporter : Ardi Mahardika
- Dilihat 635 Kali
Berita Terkait

0 Comments