Harokah Islamiyah /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 17/09/2020 10:52 WIB

Mengucap Salam, Amalan Mulia yang Kian Memudar

Assalamu alaikum
Assalamu alaikum
DAKTA.COM - Ucapan salam saat ini sudah mulai memudar dan sering ditinggalkan, banyak dari sebagian orang yang justru mengganti salam dengan ucapan lain seperti hello, apa kabar, dan sebagainya.
 
Padahal mengucapkan salam "Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh" dalam Islam sangat mulia karena mengandung doa bagi seorang muslim. 
 
Salam Islam Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh artinya “Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya terlimpah untukmu” atau “semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat, dan keberkahan untukmu.”
 
Dalam Islam, hukum mengucapkan salam adalah sunnah (dianjurkan) sedangkan bagi yang mendengarnya wajib untuk menjawabnya dengan ucapan wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh yang artinya "Dan semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah juga kepada kalian."
 
Setiap muslim sangat dianjurkan untuk mengucapkan salam saat bertemu maupun masuk ke suatu ruangan sebagaimana yang disebutkan dalam ayat-ayat Al Qur'an dan hadist.
 
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hendaklah yang kecil memberi salam pada yang lebih tua, hendaklah yang berjalan memberi salam pada yang sedang duduk, hendaklah yang sedikit memberi salam pada yang banyak.” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari]
 
Bahkan, Allah subhanahu wa ta'ala melarang umat Islam masuk ke suatu rumah sebelum mengucapkan salam.  
 
Allah SWT berfirman dalam Surat An-Nur ayat 27, yakni : "Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kalian memasuki rumah yang bukan rumah kalian sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya."
 
Sebagai umatnya, sudah selayaknya kita meneladani Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam  dan para sahabatnya terutama dalam mengucapkan salam. 
 
Hendaknya, kita juga mengajarkan dan membiasakan kepada anak-anak untuk mengucapkan salam agar mereka terbiasa menjaga adab-adab memberi salam.
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Rado Dakta
- Dilihat 6051 Kali
Berita Terkait

0 Comments