Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 02/09/2020 10:30 WIB

Uji Spesimen Swab Test Covid-19 di Kota Bekasi Overload

Ilustrasi alat swab test (ist)
Ilustrasi alat swab test (ist)
BEKASI, DAKTA.COM - Uji spesimen Covid-19 dari swab test di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Bekasi maupun di Laboratorium  RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi overload karena membludaknya permintaan.
 
Pelaksana harian (PLH) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Dwie Andyarini mengaku pihaknya kewalahan atas permintaan uji spesimen Covid-19 yang saat ini diperkirakan sedang masuk pada puncaknya.
 
"Sehari itu biasanya kita mampu menyelesaikan 160 spesimen, dan sekarang kita bisa sampai 240 spesimen," kata Dwie kepada Dakta, Rabu (2/9).
 
Menurutnya jika normal, proses pemeriksaan hasil uji spesimen hanya membutuhkan waktu 2 jam. Namun, karena saat ini sedang overload maka hasil pemeriksaan dibutuhkan waktu selama empat hari.
 
Guna menghindari penumpukan, Dinas Kesehatan Kota Bekasi melakukan pengaturan jadwal sementara pengiriman atau pengambilan spesimen Covid-19 dari puskesmas maupun rumah sakit di Kota Bekasi.
 
"Untuk spesimen dari rumah sakit swasta kita sudah koordinasikan untuk disimpan dulu di freezer masing-masing," ujarnya.
 
Sementara itu, ia melihat lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini harus menjadi perhatian bersama. Dari Pemkot Bekasi sendiri mengambil langkah untuk menerjunkan kembali tim relawan ke RT/RW dalam menyosialisasikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
 
"Kita menugaskan aparatur, relawan, ditambah dengan teman-teman dari kecamatan dan kelurahan untuk turun lagi ke RT/RW. Kita akan memberikan imbauan lagi tentang pentingnya protokol kesehatan, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker dengan benar," pungkasnya. **

 

Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1836 Kali
Berita Terkait

0 Comments