Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 27/08/2020 15:45 WIB

Peran Swasta Mendukung Sanitasi dan Air Bersih di Kota Bekasi

Air bersih
Air bersih
BEKASI, DAKTA.COM - Pembangunan daerah tidak hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi membutuhkan peran serta dari swasta, masyarakat, dan stakeholder lainnya karena itu membutuhkan tenaga dan pengeluaran yang cukup besar.
 
Kabag Pembangunan Setda Kota Bekasi, Arif Supriyanto  mengatakan, dalam rangka membantu pemerintah daerah mewujudkan target pembangunan air dan sanitasi, IUWASH PLUS memfasilitasi pemerintah daerah khususnya Pemkot Bekasi untuk membangun kemitraan dengan berbagai kalangan termasuk sektor swasta melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).
 
"CSR yang baik akan mendorong proses pemberdayaan masyarakat yang dapat mencegah terjadinya eksploitasi berlebihan sumber daya alam dan malpraktek bisnis, tetapi mendukung perbaikan kualitas hidup masyarakat," ucapnya dalam Bincang Publik bersama Radio Dakta melalui Zoom, Kamis (27/8).
 
Ia menyampaikan, perusahaan yang memanfaatkan CSR untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di bidang air bersih dan sanitasi di Kota Bekasi adalah Aqua dan Pegadaian.
 
"Penduduk di Kota Bekasi ini sudah sangat padat, artinya air yang dipakai sangat besar. Air bersih ini kemudian menjadi problem kita untuk mencukupi kebutuhan air, yang dilakukan Aqua dan Pegadaian ini sangat bagus dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat," tuturnya.
 
 
CSR Coordinator PT Aqua Golden Mississippi Bekasi, Jaka Sunarna menyampaikan, Aqua sangat konsen dalam membantu pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat khususnya dalam sanitasi dan air bersih. 
 
Menurutnya, hal itu sejalan dengan program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dalam pembangunan nasional Sustainable Development Goals (SDGs), dan Aqua ikut berkontribusi dalam menyukseskan program tersebut.
 
"Bukan hanya di Kota Bekasi, kami juga sudah menjalankan program CSR ke berbagai daerah dan tidak hanya sanitasi, tetapi juga seperti septic tank komunal, sarana cuci tangan, hingga memperbaiki saluran drainase yang mampet," katanya.
 
Sementara itu, Deputi Bisnis PT Pegadaian (Persero) area Bekasi, Maria Regina Anna Savitri menyampaikan, pihaknya juga konsen dalam sanitasi dan keberadaan air bersih melalui program CSR.
 
"Pegadaian membantu masyarakat dari sanitasi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan penanaman pohon dalam rangka meningkatkan debit air di lingkungan masyarakat," ujarnya.
 
Selain itu, pihaknya juga berupaya memberdayakan masyarakat melalui program Pegadaian Bersih-bersih dimana menggerakkan masyarakat untuk mengubah sampah menjadi emas.
 
"Jadi  kami membentuk bank sampah, dan masyarakat dapat mengubah sampah rumah tangga menjadi tabungan emas," katanya.
 
Pihaknya berharap, dengan program itu diharapkan masyarakat bisa lebih peduli untuk memilih dan memilah sampah yang dapat dikelola, sehingga bisa menghasilkan emas. **
 
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1389 Kali
Berita Terkait

0 Comments