Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 25/08/2020 10:05 WIB

Langkah Pencegahan Covid-19 Bagi Penderita Kanker

Ilustrasi tes Covid-19 (REUTERS)
Ilustrasi tes Covid-19 (REUTERS)
BEKASI, DAKTA.COM - Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan virus corona, yang menyerang sistem pernapasan dan kekebalan tubuh manusia menjadi lemah.
 
Covid-19 akan lebih menyerang kelompok rentan seperti balita dan lansia, serta orang dengan kondisi medis tertentu, seperti kanker, diabetes, jantung, dan paru-paru.
 
dr. Santi Christiani Gultom, SpPD-KHOM dari Mitra Keluarga Bekasi Timur mengatakan bahwa kanker merupakan salah satu penyakit kronis yang berisiko tinggi menimbulkan komplikasi serius akibat Covid-19.
 
"Pasien dengan penyakit seperti jantung, paru-paru, diabetes, dan kanker itu menambah resiko untuk terkena virus corona. Sehingga pasien rentan terinfeksi Covid-19," ucap dr. Santi dalam Bincang Kesehatan bersama Radio Dakta melalui Zoom, Selasa (25/8).
 
   Bincang Kesehatan bersama dr. Santi Christiani Gultom, SpPD-KHOM dari Mitra Keluarga Bekasi Timur melalui Zoom
 
Ia menyebut, pasien penderita kanker perlu berkonsultasi dengan dokter yang menanganinya untuk menyusun kembali rencana pengobatan kanker selama masa pandemi Covid-19 ini.
 
Hal itu untuk menentukan apakah pasien perlu menjalani kemoterapi, terapi radiasi, atau operasi di rumah sakit, karena dokter akan menilai tingkat keparahan kanker (stadium kanker) dan kondisi pasien secara umum.
 
Ia menjelaskan, karena pasien penderita kanker sangat rentan terinfeksi Covid-19, maka mereka harus menjaga kesehatan dirinya dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan Covid-19 secara ketat.
 
"Seperti menjaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain, mencuci tangan secara rutin, mengenakan masker dan face shield saat bepergian ke luar rumah, mengonsumsi makanan bergizi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh, serta mengonsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter secara teratur," jelasnya.
 
Dalam rangka hari kemerdekaan RI, Mitra Keluarga Bekasi menghadirkan Paket Spesial Hari Merdeka, yakni Paket Skrining Diabetes Rp260.000, Paket Skrining Kolesterol Rp230.000, Paket Skrining Ginjal Rp150.000, CT Scan Kepala Non Kontras Rp1.075.000, CT Scan Thorax Non Kontras Rp1.575.000.
 
Promo itu berlaku mulai 7-31 Agustus 2020. Untuk keterangan lengkap, hubungi 0811-8444-462.
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1896 Kali
Berita Terkait

0 Comments