Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 23/08/2020 11:48 WIB

Manfaat Air Beras untuk Rambut dan Wajah

Ilustrasi air beras (ist)
Ilustrasi air beras (ist)
DAKTA.COM - Wanita memang suka mencari rahasia kecantikan di seluruh dunia dan dari budaya lain. Salah satu yang cukup terkenal adalah rahasia kecantikan menggunakan air beras.  
 
Rahasia kuno dari Asia ini telah digunakan selama berabad-abad oleh wanita sebagai perawatan rambut dan kulit. Bahkan, air beras juga bermanfaat bagi kesehatan. 
 
Namun, manfaat terbesar dari air beras adalah untuk kulit wajah dan rambut. Ada beberapa manfaat air beras untuk rambut dan wajah.  
 
Air beras bisa menjadi perawatan kecantikan sederhana dan murah yang mungkin menawarkan perbaikan pada kulit dan rambut. Lantas, bagaimana cara membuat air beras?
 
Cara membuat air beras 
 
Mengutip Treehugger, ada dua cara untuk membuat air beras: hanya dengan merendam dan merebusnya. Cara pertama, jika ingin merendamnya, maka rendam beras menggunakan air selama 30 menit. 
 
Namun, beberapa pendapat menyatakan, merebus air beras lebih baik untuk bisa mendapatkan sari pati beras dibanding hanya merendamnya. 
 
Kalau ingin merebusnya maka butuh cara memasak beras yang agak berbeda dari biasanya. Caranya, dengan memasukkan beras dua hingga tiga sendok makan ke dalam panci kecil.
 
Beras yang digunakan bisa bermacam-macam, seperti beras putih biasa ataupun beras basmati. Lalu, tambahkan dua cangkir air. Rebus selama 20-30 menit hingga air menjadi cairan putih susu. 
 
Saring beras setelah waktu yang ditentukan, sisakan airnya. Dinginkan air beras dan simpan dalam stoples kaca bertutup. Simpan di lemari es hingga empat hari.
 
Manfaat air beras untuk wajah
 
Menurut Treehugger, beras mengandung antioksidan alami seperti vitamin C, vitamin A, fenolik dan senyawa flavonoid. Sehingga, dapat meminimalkan kerusakan akibat radikal bebas akibat usia, sinar matahari, dan lingkungan.
 
Air beras juga sebagai bahan yang murah dan efektif untuk membersihkan, mengencangkan, mencerahkan, mengurangi hiperpigmentasi akibat sinar matahari, dan mencegah bintik-bintik penuaan dini. 
 
Air beras juga bisa mengecilkan pori-pori dan meninggalkan rasa lembut setelah digunakan. Seiring waktu, menggunakan air beras secara teratur, hiperpigmentasi atau bintik-bintik coklat akan berkurang, dan air bekerja sebaik serum atau krim pencerah kulit yang mahal. **
Editor :
Sumber : Kontan.co.id
- Dilihat 4231 Kali
Berita Terkait

0 Comments