Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 06/08/2020 11:07 WIB

Penting, Berikut Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Dada ayam (istimewa)
Dada ayam (istimewa)
DAKTA.COM - Ketika mengonsumsi makanan, selain karbohidrat, protein adalah kandungan penting yang harus diperhatikan.
 
Asupan protein dibutuhkan untuk membentuk sel-sel tubuh, organ, otot, kulit, dan juga hormon. Tubuh Anda membutuhkan protein untuk memelihara dan memperbaiki jaringan. Sedangkan anak-anak membutuhkannya untuk tumbuh kembang.
 
Mengutip Healthline, studi juga menunjukkan bahwa asupan protein bisa membantu menurunkan berat badan dan lemak perut sekaligus meningkatkan massa dan kekuatan otot Anda. Konsumsi makanan yang banyak mengandung protein juga disarankan untuk pria yang ingin membentuk ototnya.
 
Pola makan yang tinggi protein juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, melawan diabetes. Reference Daily Intake (RDI) untuk protein adalah 46 gram untuk wanita dan 56 gram untuk pria.
 
Berikut beberapa makanan yang banyak mengandung protein tinggi : 
 
1. Telur
Sebutir telur adalah makanan yang banyak mengandung protein dan menyehatkan. Telur adalah sumber makanan baik yang mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan yang bisa melindungi mata dan nutrisi otak yang diperlukan tubuh.
 
Sebutir telur utuh mengandung protein tinggi, namun putih telur nyaris hanya mengandung protein. Oleh karenanya, bagi yang ingin membesarkan otot, disarankan untuk mengonsumsi putih telur.
 
Kandungan protein dalam telur mencapai 33 persen dari kalori total. Sebutir telur berukuran besar mengandung 6 gram protein dan 78 kalori.
 
2. Almond
Kacang ini mengandung nutrisi penting untuk tubuh termasuk serat, vitamin E, mangan, dan magnesium. Dalam 28 gram almond mengandung 6 gram protein dan 164 kalori.
 
3. Dada ayam
Makanan ini adalah salah satu makanan yang paling populer dikenal mengandung banyak protein. Jika Anda menyantapnya tanpa kulit, maka sebagian besar kalori yang terkandung berasal dari protein. Satu ekor ayam, bagian dada tanpa kulit mengandung 53 gram protein dan 284 kalori.
 
4. Oat 
Makanan yang satu ini dikenal sebagai makanan diet. Namun sebenarnya makanan ini mengandung banyak serat sehat, magnesium, thiamin (vitamin B1), protein, dan nutrisi lainnya. Satu cup oat mengandung 11 gram proteind an 307 kalori.
 
5. Greek yogurt 
Jika Anda pencinta yogurt, maka varian greek yogurt yang lebih kental bisa menjadi sumber protein yang baik. Namun ketika memilih yogurt, pilihlah yang tawar alias tak mengandung gula. Dalam 170 gram greek yogurt mengandung 17 gram protein dan 100 kalori.
 
6. Susu 
Susu merupakan sumber protein, kalsium, fosfor, dan riboflavin (vitamin B2). Jika Anda tak bisa mengonsumsi susu sapi maka susu kedelai juga sumber protein yang baik.
 
7. Udang 
Jenis boga bahari yang satu ini biasanya banyak disukai orang. Bukan cuma rasanya yang enak dan gurih, tapi udang memiliki banyak nutrisi seperti selenium dan vitamin B12. Selain itu, seperti halnya ikan, udang juga mengandung omega-3. Sekitar 85 gram mengandung 20 gram protein dan 84 kalori.
 
Editor :
Sumber : CNN Indonesia
- Dilihat 1486 Kali
Berita Terkait

0 Comments