Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 30/07/2020 08:48 WIB

Patuh Protokol Kesehatan, Bentuk Ikhtiar Tekan Penyebaran Covid-19

Pemeriksaan suhu tubuh penumpang KRL di Stasiun Kranji
Pemeriksaan suhu tubuh penumpang KRL di Stasiun Kranji
JAKARTA, DAKTA.COM - Ketua Satgas Covid-19 Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Muhammad Zaitun Rasmin MA menyampaikan, kesadaran masyarakat Indonesia terkait pencegahan Covid-19 ini masih sangat rendah. Semua protokol kesehatan hanya sebatas teori tanpa aksi.
 
“Kita ingin mengingatkan bahwa keadaan di negeri kita akan lebih panjang dan lebih banyak korban kalau kita semakin tidak waspada dan menganggap biasa, banyak yang tidak peduli memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Sudah ada berita gembira di awal Juni itu sekarang berubah lagi, termasuk Jakarta,” kata Zaitun dalam webinar berjudul “Revitalisasi Peran Ulama Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Era New Normal,” Selasa (28/07) sore. 
 
Ia menerangkan, berkaca pada kondisi Wuhan, China sebagai kota pertama yang mendeteksi adanya virus corona yang saat ini sudah dalam kondisi membaik dan tidak terlalu membahayakan, hal itu dikarenakan tingkat kepatuhan masyarakat yang tinggi, sehinga dengan 'lockdown' 3 bulan Wuhan mampu menekan angka kekhawatiran penyebaran Covid-19.
 
“Saat ini, angka penyebaran Covid-19 di masyarakat semakin tinggi, sudah menembus angka 100 ribu, sudah lebih tinggi dari negara yang pertama kali, kita sudah di atas 100 ribu dan kematian sudah mendekati angka 4000 orang, tentu saja ini angka yang besar,” tegasnya.
 
Zaitun mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk membantu menekan laju penyebaran virus ini, dan sama-sama menyadari bahwa Covid-19 ini berbahaya. 
 
“Memang kalau sudah terjadi tidak bisa lepas dari takdir, tapi sebagai umat Islam, kita harus melakukan ikhtiar, dan inilah yang dilakukan MUI agar umat dapat bukan saja terhindar dari Covid-19, tapi juga menjadi contoh bagi yang lainnya baik di negeri ini maupun tempat lain tentang bagaimana kita berinteraksi dan menghadapi Covid-19 ini,” ungkapnya.
 
Ketua umum Wahdah Islamiyyah ini juga berpesan agar masyarakat sebagai umat bisa saling memperkuat, saling mengingatkan dan menyadarkan, juga membangun keperihatinan atas kondisi ini. **
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1374 Kali
Berita Terkait

0 Comments