Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 30/07/2020 13:28 WIB

KPAI Beri Tips Cerdik Ajarkan Makna Qurban pada Anak

Lapak penjual hewan qurban
Lapak penjual hewan qurban
JAKARTA, DAKTA.COM - Momen Idul Adha menjadi momentum menstimulasi karakter kesalehan sosial pada anak dalam memaknai qurban. Setelah Shalat Idul Adha, peristiwa penyembelihan atau pemotongan hewan qurban termasuk hal yang dinantikan anak-anak.
 
Anak-anak sering kali merasakan keseruan saat melihat hewan qurban akan disembelih. Meskipun begitu, sebagian anak ada yang tidak siap melihat hewan qurban disembelih.
 
Namun, penting untuk menyisipkan pendidikan karakter kepada anak di tengah keseruan Idul Adha agar ia mampu menangkap makna dari prosesi kurban.
 
Dalam keterangnya, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Susanto membeberkan tips yang perlu diperhatikan orang tua demi membantu memaknai qurban pada anak.
 
1. Ceritakan kepada anak tentang sejarah Idul Adha dan qurban
 
Cara ini agar anak mengetahui akar sejarah dan nilai positif berqurban.
 
2. Ajak anak Shalat Idul Adha
 
Mengajak anak Shalat Idul Adha tak hanya mendidik anak agar taat beribadah, tetapi ia bisa mengenal akan rangkaian prosesi Idul Adha.
 
3. Jangan paksa anak
 
Jika anak tidak mau ikut Shalat Idul Adha, jangan paksa mereka. Stimulasi yang terus menerus dilakukan orang tua kepada anak akan berbuah manis. Pada saatnya, anak akan tumbuh dan punya kesadaran dan kenyamanan untuk menjalankan Shalat Idul Adha.
 
4. Tumbuhkan kesadaran anak terhadap pentingnya budaya hormat dan patuh
 
Cara ini ditunjukkan saat Ibrahim diperintah oleh Allah SWT untuk mengkurbankan anaknya, Nabi Ismail pun menunjukkan sikap hormat kepada orangtuanya dan patuh atas perintah Allah.
 
Budaya hormat harus dididikkan kepada anak seiring tantangan perkembangan anak. Dalam UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menegaskan, hormat kepada orangtua dan guru merupakan kewajiban.
 
5. Jelaskan bahwa qurban bukan hanya menjalankan perintah Allah SWT
 
Qurban saat Idul Adha juga mengajarkan kepada kita saling berbagi kepada orang yang tidak mampu. Artinya, makna qurban mengajarkan kepekaan sosial dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1228 Kali
Berita Terkait

0 Comments