Harokah Islamiyah /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 28/07/2020 09:29 WIB

Keistimewaan dan Keutamaan Puasa Arafah

Ilustrasi puasa
Ilustrasi puasa
DAKTA.COM - Puasa Tarwiyah bisa dilaksanakan pada Rabu (25/7/2020) atau tanggal 8 Dzulhijjah, yang dilanjutkan dengan Puasa Arafah pada Kamis, 30 Juli 2020.
 
Ada banyak keutamaan Puasa Arafah yang dijelaskan dalam hadist tentang betapa besar manfaat puasa di tanggal 9 Dzulhijjah tersebut.
 
Rasulullah SAW menjelaskan tentang keutamaan Puasa Arafah. Sebagaimana diriwayatkan dalam Hadits Imam Muslim, salah satu keutamaan Puasa Arafah adalah menghapus dosa setahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.
 
"Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim)
 
Seperti diketahui, bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan istimewa dalam Islam. Banyak ibadah sunnah yang dianjurkan bisa dilakukan umat muslim di bulan istimewa ini.
 
Rasulullah SAW bersabda: "'Tiada ada hari yang amal sholeh, lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 hari pertama bulan Dzulhijjah).' Sesungguhnya berpuasa satu hari di dalamnya membandingi berpuasa satu tahun. Melakukan Sholat malam di dalamnya membandingi sholat malam pada malam Lailatul Qadar. Salah seorang sahabat bertanya 'Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah?' Beliau bersabda, 'Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid)'".
 
 
Mengerjakan amal shalih bukan hanya dilakukan di bulan Dzulhijjah saja tetapi setiap saat karena akan mendapatkan ganjaran dari Allah subhanahu wa ta'ala. Hal itu juga sebagai bentuk kasih sayang Allah SWT kepada umat Islam.
 
Allah Ta’ala berfirman, “Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lah yang lebih baik baginya.” (QS. Al-Baqarah: 184). Wallahu a'lam bish-shawabi
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 5098 Kali
Berita Terkait

0 Comments