Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 05/07/2020 12:34 WIB

Masyarakat Wilayah Utara Bekasi Minta Realisasi Pemekaran

Ilustrasi pemekaran wilayah utara Kabupaten Bekasi
Ilustrasi pemekaran wilayah utara Kabupaten Bekasi
CIKARANG, DAKTA.COM - Masyarakat wilayah utara Bekasi meminta Pemerintah Kabupaten Bekasi merealisasikan pemekaran agar memaksimalkan pelayanan publik. 
 
Mantan Anggota DPRD Kabupaten Bekasi sekaligus warga Babelan, Muhtadi Muntaha dalam sebuah diskusi daring yang digelar Deep, Ahad (5/7) mengatakan sebenarnya wacana pemekaran sudah ada kajiannya, oleh Profesor Sadu, dan mayoritas warga setuju. Pemekaran itu juga telah dibahas oleh DPRD masa jabatan terdahulu.
 
"Perdanya sudah sampai di meja Gubernur Jawa Barat, hanya saja memang masih ada moratorium dari pemerintah pusat," katanya.
 
Ia mengaku, pemekaran di Kabupaten Bekaso sangat dibutuhkan, karena pembangunan di wilayah utara masih belum maksimal dan merata. 
 
"Apalagi untuk mendapatkan pelayanan publik, masyarakat yang tinggal di utara harus sepagi mungkin untuk datang ke kantor Pemkab Bekasi di Cikarang pusat, itu menyulitkan," ujarnya.
 
Menurutnya, wilayah utara Kabupaten Bekasi kaya akan sumber potensi minyak, sehingga ia yakin dengan pemekaran utara Bekasi dapat menghidupi wilayahnya sendiri dan memaksimalkan pelayanan masyarakat yang saat ini belum dijalankan oleh Bupati Bekasi.
 
Sementara itu, dalam diskusi yang sama, akademisi dari Unisma Bekasi, Adi Susila menyebut perlu persiapan yang matang terkait wacana pemekaran, karena tidak semua wilayah bisa berhasil menjalakannya.
 
"Apalagi berdasarkan kajian, justru daerah otonomi baru menjadi daerah gagal dan harus menerima subsidi dari daerah induk dan provinsi bertahun-tahun karena belum bisa membiayai dirinya sendiri," katanya.
 
Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Bekasi, Ani Rukmini mengaku, pihaknya tidak dalam tataran menyetujui atau menolak pemekaran, karena prosesnya sudah dijalankan oleh DPRD dan pemerintahan terdahulu, hanya saja memang perlu adanya konsistensi dari Bupati Bekasi untuk memaksimalkan pelayanan dan pembangunan di wilayah utara. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 1107 Kali
Berita Terkait

0 Comments