Harokah Islamiyah /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 28/06/2020 12:20 WIB

Orang yang Paling Kuat

Ilustrasi menahan marah
Ilustrasi menahan marah
DAKTA.COM - Umumnya badan yang kuat identik dengan tubuh yang kekar, badan tegap, dan berotot, seperti pegulat dan petinju handal yang siap bertarung dengan lawannya. 
 
Namun, orang yang paling kuat menurut Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam bukanlah seperti itu. Hal ini sebagaimana disabdakan dalam riwayat sebagaimana berikut.⁣⁣
⁣⁣⁣⁣
Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang kuat bukanlah yang pandai bergulat.” Para sahabat pun bertanya, “Lalu orang yang paling kuat itu yang seperti apa wahai Rasulullah?.” Beliau bersabda, “Orang yang mampu menguasai dirinya ketika marah.” (HR. Muslim)⁣⁣
 
Seseorang yang sedang marah atau emosi dapat dengan mudah dikuasi oleh setan. Pada saat manusia marah, maka setan mempermainkan melalui kemarahannya itu, sehingga bisa menimbulkan perilaku yang menjerumuskan dalam dosa.
 
Oleh karena itu, sebagai seorang muslim, dianjurkan untuk mengendalikan emosi dan senantiasa berzikir untuk mengilangkan amarahnya.
 
Dalam al-Qur’an, Allah telah meyinggung orang-orang yang telah menahan marah dan selalu memaafkan kesalahan orang lain adalah salah satu ciri-ciri orang yang berbuat kebajikan.
 
“(Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali Imran: 134)
⁣⁣
Memang musuh terbesar adalah melawan nafsu diri sendiri, khususnya ketika marah. Meskipun berat, tetapi hal itu bisa dilatih dengan terus menerus mengendalikan dan menahan diri untuk tidak terbawa emosi. Sehingga tergolong dalam orang yang paling kuat menurut Nabi SAW. Wa Allahu A’lam bis Shawab.⁣⁣
 
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1753 Kali
Berita Terkait

0 Comments