Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 23/05/2020 08:43 WIB

Hindari Penyebaran Covid-19, Pemkab Bekasi Serukan Warga Shalat Id di Rumah

Ilustrasi shalat Idul Fitri (Ilustrasi)
Ilustrasi shalat Idul Fitri (Ilustrasi)
CIKARANG, DAKTA.COM - Pemerintah Kabupaten Bekasi bersama Forkopimda, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dewan Masjid Indonesia (DMI), dan Kementerian Agama Kabupaten Bekasi memutuskan bahwa pelaksanaan shalat Idul Fitri 1441 H dilarang digelar berjemaah di masjid dan lapangan.
 
Keputusan pelarangan shalat Idul Fitri itu melalui kegiatan Seruan Bersama tentang Rangkaian Pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H di Polres Metro Bekasi, Cikarang Utara, Jumat (22/5/2020).
 
Warga dianjurkan melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah saja selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Sosial (PSBB) di Kabupaten Bekasi.
 
“Kami sudah sepakat, agar semua masyarakat Kabupaten Bekasi melakukan sholat Id di rumah masing-masing, ini dilakukan untuk kebaikan kita bersama,” kata Bupati Eka.
 
Ia menekankan kepada jajarannya agar pelarangan shalat Idul Fitri ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Bekasi. Karena larangan ini dilakukan demi kemaslahatan masyarakat agar wabah Covid-19 berakhir.
 
“Tentunya kita berharap agar tetap dapat menjalani Hari Raya Idul Fitri ini dengan hikmat. Walau dengan kondisi yang seperti ini,” ujarnya.
 
Pihaknya mengimbau masyarakat untuk melaksanakan shalat Id di rumah saja, ia juga meminta masyarakat Kabupaten Bekasi tidak melakukan takbiran keliling.
 
“Kami mengimbau masyarakat agar tidak melakukan takbir keliling. Lakukanlah takbiran di masjid ataupun mushola cukup dengan pengeras suara,” ucapnya.
 
Keputusan ini juga diambil berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor SE 6 tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H di tengah pandemi wabah Covid-19, dan Fatwa MUI Pusat Nomor 28 tahun 2020 tentang Panduan Kaifat Takbir dan Sholat Idul Fitri saat Pandemik Covid-19. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 3241 Kali
Berita Terkait

0 Comments