Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 20/05/2020 09:52 WIB

Habib Bahar Dipindahkan ke Lapas Nusa Kambangan

Habib Bahar Smith ditahan pihak kepolisian (dok) (istimewa)
Habib Bahar Smith ditahan pihak kepolisian (dok) (istimewa)
JAKARTA, DAKTA.COM - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memutuskan untuk memindahkan tempat penahanan Habib Bahar bin Smith untuk sementara waktu ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Batu Nusa Kambangan.
 
"Habib Bahar telah dipindahkan dari Lapas Khusus Gunung Sindur ke Lapas Klas I Batu Nusakambangan pada hari Selasa, tanggal 19 Mei dengan pengawalan Kepolisian dan jajaran Pemasyarakatan," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti, lewat keterangan tertulis, Rabu (20/5).
 
Rika mengatakan kebijakan itu diambil lantaran sejak dimasukkan kembali ke Lapas Gunung Sindur sejak Selasa (19/5), simpatisan Habib Bahar berkerumun dan melakukan tindakan yang mengganggu keamanan dan ketertiban Lapas.
 
Rika mengatakan kondisi tersebut rentan penularan virus corona (Covid-19).
 
"Merujuk pada kondisi tersebut, Kalapas Khusus Gunung Sindur telah berkoordinasi dengan Kakanwil Jawa Barat, yang selanjutnya disetujui oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, untuk Habib Bahar bin Smith ditempatkan sementara waktu di Lapas Klas I Batu Nusa Kambangan," kata Rika.
 
Rika menerangkan alasan pemindahan Habib Bahar ke Lapas Klas I Nusa Kambangan dilakukan dengan sejumlah pertimbangan.
 
Di antaranya, menghindari gangguan keamanan yang ditimbulkan oleh simpatisan pendukung, mencegah pelanggaran protokol kesehatan atas darurat Covid-19 karena kerumunan, serta untuk kepentingan keamanan, ketertiban dan pembinaan bagi yang bersangkutan.
 
"Diharapkan yang bersangkutan dapat mengikuti semua ketentuan dan SOP yang berlaku di Lapas Klas I Batu Nusa Kambangan," ucapnya.
 
Habib Bahar bin Smith bebas berkat program asimilasi pada Sabtu (16/5). Namun, 
 
Program asimilasinya dicabut Kemenkumham. Alasannya, Habib Bahar bin Smith menyampaikan ceramah yang meresahkan masyarat selama beberapa hari bebas.
 
Selain itu, Habib Bahar juga dinilai tidak mematuhi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketika mengundang banyak massa mendengarkan ceramahnya.
 
"Alasan ditangkap karena dia melakukan pelanggaran khusus dalam pelaksanaan asimilasinya. Pelanggaran khusus itu adalah di antara lain ada kegiatan yang bersangkutan yang meresahkan masyarakat dengan video provokatif, ceramah provokatif yang meresahkan masyarakat," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti, Selasa (19/5).
 
Habib Bahar lalu ditempatkan sementara di Lapas Gunung Sindur, Bogor di sel khusus. Hingga kemudian dia dipindahkan ke Nusa Kambangan.
Editor :
Sumber : CNN Indonesia
- Dilihat 2296 Kali
Berita Terkait

0 Comments