Mutiara Hikmah /
Follow daktacom Like Like
Senin, 18/05/2020 10:20 WIB

Tidur Siang di Bulan Ramadhan

Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur
DAKTA.COM - Bolehkah tidur sepanjang hari selama bulan Ramadhan? 
 
Barang siapa yang menghabiskan waktu puasanya dengan tidur seharian maka puasanya sah jika dia berniat untuk puasa sebelum terbitnya fajar. Namun dia berdosa jika meninggalkan shalat di waktu-waktunya.
 
Orang tersebut telah meninggalkan kewajiban shalat sehingga dosanya sangat besar. Kecuali jika orang tersebut berniat bangun untuk menegakkan shalat namun ia ketiduran, ketiduran ini sangat jarang terjadi, maka orang tersebut tidak berdosa.
 
Rasulullah shallallahu ‘alaih wa sallam bersabda, “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Thbrni, sahih lighairihi)
 
Terkait dengan hal di atas, satu hal yang patut disayangkan, yaitu banyak orang yang biasa untuk bergadang di bulan Ramadhan, ketika mendekati fajar mereka makan sahur kemudian tidur sepanjang hari atau sebagian besarnya.
 
Mereka meninggalkan shalat, padahal shalat lebih ditekankan dan sangat diwajibkan. Bahkan puasa tidak sah bagi orang yang tidak shalat. Tentu, hal ini merupakan perkara yang sangat berbahaya sekali. Oleh sebab itu bergadang yang menyebabkan orang tidak bisa bangun untuk menunaikan shalat adalah bergadang yang hukumnya haram. 
 
Lebih-lebih jika bergadang tersebut di isi dengan perbuatan yang sia-sia, main-main atau perbuatan yang haram tentu perkaranya lebih berbahaya lagi. Perbuatan dosa akan lebih besar dosanya dan lebih parah bahayanya ketika dikerjakan di bulan Ramadhan, demikian juga ketika dikerjakan di waktu-waktu atau tempat-tempat yang memiliki keutamaan. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2840 Kali
Berita Terkait

0 Comments