Mutiara Hikmah /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 13/05/2020 10:21 WIB

Kemuliaan Besar Bersedekah di Bulan Ramadhan

Ilustrasi sedekah
Ilustrasi sedekah
DAKTA.COM - Kedatangan bulan Ramadhan setiap tahunnya tak henti menjadi penghibur hati orang mukmin. Bagaimana tidak, beribu keutamaan ditawarkan di bulan ini. Pahala diobral, ampunan Allah bertebaran memenuhi setiap ruang dan waktu. 
 
Setiap muslim yang beriman pasti merasa bahagia menyambut bulan diturunkannya Al Quran untuk memperbanyak memohon ampunan dan keberkahan di dunia dan akhirat kepada Allah SWT.
 
Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Islam menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah, apalagi di bulan Ramadhan. Demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin untuk memiliki sifat dermawan. 
 
Allah dan Rasul-Nya memerintahkan bahkan memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah. Ketahuilah bahwa kedermawanan adalah salah satu sifat Allah Ta’ala, sebagaimana hadits Al-Baihaqqi, “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.”
 
Dari hadits ini demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pelit dan bakhil adalah akhlak yang buruk dan bukanlah akhlak seorang mukmin sejati. Begitu juga, sifat suka meminta- minta, bukanlah ciri seorang mukmin.
 
Allah Subhanahu Wa Ta’ala benar-benar memuliakan orang-orang yang bersedekah. Ia menjanjikan banyak keutamaan dan balasan yang menakjubkan bagi orang-orang yang gemar bersedekah.
 
Di antara kemuliaan bersedekah antara lain:
1. Sedekah dapat menghapus dosa.
2. Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir.
3. Sedekah memberi keberkahan pada harta.
4. Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah.
5. Terdapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah.
6. Sedekah akan menjadi bukti keimanan seseorang.
7. Sedekah dapat membebaskan dari siksa kubur.
8. Sedekah dapat mencegah pedagang melakukan maksiat dalam jual-beli
9. Orang yang bersedekah merasakan dada yang lapang dan hati yang bahagia.
10. Pahala sedekah terus berkembang
11. Sedekah menjauhkan diri dari api neraka
12. Boleh iri kepada orang yang dermawan
 
Banyak keutamaan ini seakan-akan seluruh kebaikan terkumpul dalam satu amalan ini, yaitu sedekah. Maka, sungguh mengherankan bagi orang-orang yang mengetahui ketuamaan sedekah, tapi tidak terpanggil hatinya serta tidak tergerak tangannya untuk banyak bersedekah. Wallahu a'lam bissowab.
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2979 Kali
Berita Terkait

0 Comments