Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 03/05/2020 09:23 WIB

Aktualisasi Hari Pendidikan Nasional Bagi Masa Depan Bangsa

Ilustrasi pendidikan, istimewa
Ilustrasi pendidikan, istimewa
JAKARTA, DAKTA.COM - Pada tanggal 2 Mei 2020, diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional, sebuah momentum yang seharusnya tidak diperingati sebagai seremonial belaka, namun esensi dari perjuangan pendidikan nasional yang patut diaktualisasi dalam kehidupan sehari-hari.
 
Ketua KPK, H. Firli Bahuri menyampakian nilai-nilai perjuangan seorang Raden Mas Suwardi Suryaningrat yang dikenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara yang sangat gigih dan pantang menyerah, mencabut benih-benih kebodohan yang ditanamkan bangsa Belanda pada ladang pemikiran rakyat Indonesia, kala itu dapat membuka mata seluruh kaum pribumi akan pentingnya pendidikan.
 
"Sejarah Ki Hadjar Dewantara-lah yang memicu tekad dan semangat saya agar dapat tetap bersekolah di tengah kondisi kesulitan ekonomi keluarga saat itu. Saya ingat betul kata-kata guru yang menceritakan sejarah Ki Hadjar Dewantara, bahwasanya kebodohan adalah akar atau jurang kemiskinan," katanya dalam keterangannya.
 
Firli menyebut, sebagai bangsa yang beradab, nilai-nilai esensi Hari Pendidikan Nasional harus diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai perjuangan yang diajarkan Ki Hadjar Dewantara, semuanya benar. Melalui pendidikan, dapat merekuh masa depan yang lebih baik.
 
"Pesan saya, tetap semangat untuk belajar dan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Apalagi saat ini sekolah negeri gratis dan perguruan tinggi banyak memberikan beasiswa kepada mahasiswanya yang tidak mampu atau yang berprestasi," katanya.
 
Menurutnya, tidak ada alasan untuk tidak belajar. Apalagi mengaitkan pandemi Covid-19 saat ini sebagai alasan untuk menghentikan kegiatan belajar dan mengajar. Ia mengingatkan pesan Ki Hadjar Dewantara bahwa "Setiap Orang Menjadi Guru dan Setiap Rumah Menjadi Sekolah". Belajar bisa dimana saja, kembali pada niat masing-masing. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 825 Kali
Berita Terkait

0 Comments