Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 14/04/2020 11:12 WIB

Covid-19, Pemkot Bekasi Siapkan Dana Pacu Pertumbuhan UMKM

Bincang Publik bersama Abdillah Hamta
Bincang Publik bersama Abdillah Hamta
BEKASI, DAKTA.COM - Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Abdillah Hamta menyebut Pemkot Bekasi sudah menyiapkan dana Rp5,7 miliar untuk membeli produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) warga Kota Bekasi. Produk yang akan dibeli adalah APD serta makanan dan minuman sehat untuk menunjang kesiapsiagaan pemerintah dalam melawan Covid-19.
 
"Hasil produk UMKM juga akan Pemkot Bekasi beli dengan anggaran Rp5,7 miliar untuk masker, APD, makanan dan minuman sehat. Ini akan membantu menggerakan UMKM di tengah wabah Covid-19 di wilayah Kota Bekasi," katanya, Selasa (14/4).
 
Ia juga memastikan UMKM Kota Bekasi sudah mulai dapat mengakses pinjaman tanpa bunga yang disiapkan Pemkot Bekasi untuk modal pembuatan alat pelindung diri (APD), makanan, dan minuman sehat.
 
"Pinjaman tanpa bunga Rp4,3 miliar saat ini sudah siap. Kita proses selama setahun bekerjasama dengan BPRS, agar mudah dalam verifikasinaya," kata Abdillah Hamta.
 
Sementara itu, Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan bahwa aturan terkait penggunaan dana bantuan pinjaman tanpa bunga bagi UMKM di tengah wabah sudah disetujui dan ditandatangani oleh Wali Kota Bekasi. 
 
Nantinya para pelaku UMKM tinggal menyiapkan prasyarat yang diberikan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) sebagai lembaga yang ditunjuk Pemerintah Kota Bekasi untuk menyalurkan dana ini.
 
"Harapannya pelaku UMKM akan tetap dapat berproduksi di tengah wabah Covid-19. Nanti hasil produknya juga pemerintah yang akan membeli untuk produk APD, makanan, dan minuman sehat," ujarnya. **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1761 Kali
Berita Terkait

0 Comments