Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 13/04/2020 10:37 WIB

Pemkab Bekasi Diminta Cepat Cairkan Dana Desa untuk Covid-19

Ilustrasi Anggaran Dana Desa
Ilustrasi Anggaran Dana Desa
CIKARANG, DAKTA - Pemerintah Kabupaten Bekasi diminta secepatnya mencairkan Dana Desa tahap 1 yang nantinya dapat digunakan untuk penaganan Covid-19.
 
Kepala Desa Tambun Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, Jaut Sarja Winata mengatakan hingga April, Dana Desa tahap 1 baru sebagian desa yang dicairkan sebesar 40 persen.
 
"Dari 179 desa di Kabupaten Bekasi, baru 28 desa yang siap dicairkan, padahal anggaran itu sangat dibutuhkan untuk kegiatan operasional desa, pemberdayaan masyarakat, dan penaganan Covid-19," ucapnya di Cikarang, Senin (13/4).
 
Ia mengaku, untuk kegiatan penaganan Covid-19, seperti kegiatan penyemprotan disinfektan, dan pembelian masker untuk masyarakat terpaksa kepala desa meminjam ataupun menggunakan uang pribadinya.
 
Sebagai sekretaris Asosiasi Pemerintahan Desa (Apdesi) Kabupaten Bekasi, Jaut mengimbau kepala desa untuk menggunakan Dana Desa bagi kepentingan penaganan Covid-19.
 
"Termasuk memberikan bantuan bagi warga yang terdampak khususnya pekerja harian karena tidak bisa mencari nafkah akibat adanya wabah," ujarnya.
 
Namun pihaknya masih menunggu aturan yang jelas dari penggunaan Dana Desa untuk bantuan bagi warga. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1712 Kali
Berita Terkait

0 Comments