Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 07/04/2020 13:19 WIB

Pandemi Covid-19, Masyarakat Perlu Ciptakan Sistem Ketahanan Hidup Bertetangga

Ilustrasi Coronavirus credit foto freepik
Ilustrasi Coronavirus credit foto freepik
JAKARTA, DAKTA.COM - Pada masa pandemi Covid-19 ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghimbau masyarakat  untuk menegakkan dan melaksanakan apa yang sudah diperintahkan dan dituntunkan oleh Rasulullah SAW dengan  menciptakan suatu sistem ketahanan hidup bertetangga yang kuat berdasarkan nilai-nilai Islam.
 
Sekjen MUI, Anwar Abbas mengatakan hal itu sehubungan dengan dampak dari merebaknya wabah Covid-19 yang semakin meluas, sehingga berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat.
 
"Ternyata hal itu telah membuat ekonomi rakyat bermasalah sehingga banyak elemen masyarakat terutama yang berada di lapis bawah seperti tukang ojek, sopir taxi, pedagang kaki lima penjual makanan di pinggir jalan, tampak benar-benar terpukul karena kehilangan pendapatannya," katanya dalam keterangannya, Selasa (7/4).
 
Menurutnya, bila hal ini tidak diatasi dengan segera dan tidak ada langkah-langkah konkret yang dilakukan untuk membantu mereka, maka tidak mustahil akan terjadi tindakan-tindakan yang tidak dinginkan seperti adanya pencurian dan perampokan serta tindakan-tindakan tidak terpuji lainnya.
 
Untuk itu pihaknya mendorong agar setiap keluarga harus peduli terhadap keadaan yang dialami oleh keluarga lain yang merupakan tetangganya. Apabila ada sebuah keluarga yang memiliki masalah maka tetangganya harus berempati dan dengan cepat datang membantu.
 
"Apalagi bagi orang Islam masalah ini jelas-jelas sangat menjadi perhatian. Bahkan keberimanan seseorang kepada Allah dan hari akhir adalah dinilai dan diukur salah satunya dari sejauhmana dia peduli terhadap tetangganya," ucapnya.
 
Ia menambahkan, dengan tercipta sistem ketahanan hidup bertetangga maka segala persoalan dampak dari Covid-19 ini dapat dihadapi dan diatasi dengan baik.
 
"Sehingga masyarakat bisa hidup dengan aman, tentram, dan damai sesuai dengan yang kita harapkan bersama," ucapnya. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 2005 Kali
Berita Terkait

0 Comments