Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 31/03/2020 14:11 WIB

Cuci Tangan dengan Benar Selama 20 Detik

Ilustrasi cuci tangan
Ilustrasi cuci tangan
JAKARTA, DAKTA.COM - Spesialis Paru Rumah Sakit Persahabatan, dr. Erlina Burhan menekankan perlunya mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara bersih dan benar selama 20 detik untuk membunuh seluruh mikroorganisme yang menempel, termasuk kemungkinan kontaminasi virus SARS-CoV-2, penyebab penyakit Covid-19.
 
"Bahwa mencuci tangan harus bersih dan benar caranya dan ini durasinya sekitar 20 detik," katanya dalam konferensi pers bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Senin (30/3).
 
Ia mengatakan, saat mencuci tangan dengan sabun, beberapa bagian yang perlu dicuci dengan bersih adalah semua permukaan tangan, mulai dari permukaan dalam, sela-sela jari, pinggir-pinggir jari hingga ke ujung kuku.
 
"Jadi harus semua permukaan tangan," katanya.
 
Kemudian, selain memperhatikan bagian-bagian tangan yang perlu dibersihkan, masyarakat juga dianjurkan untuk mencuci tangan pada saat-saat tertentu, yaitu ketika membuang ingus, batuk atau pilek.
 
"Kapan sebaiknya kita mencuci tangan? Yaitu pertama saat kita membuang ingus, batuk atau pilek," katanya.
 
Berikutnya adalah sebelum dan sesudah menjaga orang yang sakit, sebelum dan sesudah merawat luka kemudian sebelum, selama dan setelah mengolah makanan.
 
Demikian juga sebelum makan, setelah menyentuh sampah, setelah habis ke toilet, setelah menyentuh binatang, dan setelah mengganti popok.
 
"Jadi banyak sekali kegiatan sehari-hari kita yang mengharuskan kita mencuci tangan," katanya.
 
Sementara itu, selain menekankan pentingnya mencuci tangan agar tidak terkontaminasi virus, Erlina juga menekankan perlunya tidak menyentuh wajah karena virus SARS-CoV-2 menular melalui mukosa pada mata, hidung, dan mulut. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1509 Kali
Berita Terkait

0 Comments