Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 30/03/2020 12:06 WIB

Benarkah Hand Sanitizer Efektif Cegah Covid-19?

Hand sanitizer
Hand sanitizer
BEKASI, DAKTA.COM - Pandemi Covid-19 saat ini semakin masif penyebarannya baik secara global maupun di Indonesia. Hal itu, menjadi kekhawatiran bagi masyarakat akan penyebaran virus corona yang sangat cepat.
 
Banyak dari masyarakat yang berbondong-bondong membeli hand sanitizer, masker, bahan pangan, dan sebagainya untuk menghindari penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China ini.
 
Namun, seberapa efektifkah hand sanitizer untuk mencegah virus corona?
 
Head Medical Service RS Columbia Asia Pulomas, dr. Libra Soetomo, MM mengatakan sebenarnya mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun jauh lebih efektif daripada menggunakan hand sanitizer.
 
"Kalau pakai hand sanitizer, residu kuman atau virus yang sudah mati masih menempel di tangan. Tapi kalau menggunakan sabun, dia akan terbawa air," jelas dr. Libra kepada Dakta, Senin (30/3).
 
Menurutnya, momen yang paling baik mencuci tangan itu sesudah bersalaman, menyentuh barang-barang, buang air besar atau buang air kecil, serta sebelum dan sesudah makan.
 
Selain itu, menggunakan hand sanitizer berlebihan juga dapat menimbulkan iritasi di kulit, terlebih yang kondisi kulitnya sensitif.
 
Ia juga menganjurkan, masyarakat untuk benar-benar menjaga jarak atau social distancing untuk menghambat penularan virus corona.
 
"Dengan menjaga jarak miminal 2 meter dapat terhindar percikan air liur atau lendir hidung apabila ada orang yang bersin dan batuk. Karena penularan virus corona ini via transmisi droplet," terangnya.
 
Ia juga mengingatkan kepada masyarakat agar senantiasa rajin mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, makan makanan bergizi seperti sayur mayur dan buah buahan, mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C, serta betul-betul menjaga jarak dengan orang lain sejauh 2 meter untuk terhindar dari penularan virus corona. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1511 Kali
Berita Terkait

0 Comments