Nasional /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 24/03/2020 16:09 WIB

Inovasi RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Akan Diterapkan di Sejumlah Daerah

Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Arya Sinulingga
Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Arya Sinulingga
JAKARTA, DAKTA.COM - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menduplikasi inovasi Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet ke daerah-daerah untuk mempersiapkan lonjakan penambahan pasien positif Covid-19. Hal itu dikatakan oleh Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Arya Sinulingga sebagai tindak lanjut dari arahan Menteri BUMN Erick Thohir.
 
"Kami juga kemarin mulai diperintahkan oleh (Menteri BUMN) Pak Erick Thohir supaya mencari di beberapa provinsi. Jadi ini diduplikasi apa yang dikerjakan di Jakarta akan kita duplikasi di beberapa daerah," kata Arya dalam keterangannya pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Rabu, Selasa (24/3)
 
Adapun beberapa daerah itu menurut Arya antara lain Semarang, Bandung dan Surabaya yang diupayakan dengan pihak Kementerian BUMN guna mencari tempat-tempat yang dapat menampung banyak orang di daerah-daerah tersebut.
 
Kemungkinan besar, kata Arya, mereka juga akan bekerja sama dengan Kementerian Agama untuk menggunakan Asrama Haji di daerah untuk dijadikan sebagai rumah sakit darurat khusus untuk pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan medis.
 
"Kalau ini dimungkinkan maka kita akan mengejar supaya nanti lokasi-lokasi tersebut bisa menjadi rumah sakit darurat untuk corona di beberapa provinsi," kata dia.
 
Hal-hal itu adalah sebagian usaha yang dilakukan oleh Kementerian BUMN untuk memastikan bahwa semua fasilitas siap untuk menghadapi wabah Covid-19.
 
Sebelumnya, Kementerian BUMN telah menyiapkan Wisma Atlet menjadi rumah sakit darurat untuk menampung pasien dengan gejala dibantu dengan kolaborasi beberapa perusahaan BUMN dalam waktu empat hari.
 
Selain itu, Kementerian BUMN juga tengah mempersiapkan fase kedua penambahan kapasitas Wisma Atlet dan mempersiapkan sekitar 3.000 kamar untuk menampung para pasien penyakit yang menyerang sistem pernapasan itu.
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 3046 Kali
Berita Terkait

0 Comments