Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 20/03/2020 16:11 WIB

Jangan Panik! Kenali Pencegahan Diri dari Penyebaran Covid-19

Ilustrasi petugas mengukur suhu tubuh untuk mencegah penyebaran corona
Ilustrasi petugas mengukur suhu tubuh untuk mencegah penyebaran corona
BEKASI, DAKTA.COM - Risiko pemaparan virus corona (Covid-19) nampaknya semakin tinggi di beberapa negara termasuk Indonesia.
 
Karena penyebarannya sangat cepat dan masif, bahkan ada beberapa orang yang terjangkit tanpa gejala, World Health Organization (WHO) pun telah menetapkan virus corona sebagai pandemi Covid-19.
 
Meski demikian, di tengah momok yang beredar terkait virus corona, sebenarnya ada cara-cara efektif yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan, China itu.
 
Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kota Bekasi, drg. Okta Mutiara M.Kes menjelaskan, salah satu upaya mencegah terpaparnya virus corona tentu harus dimulai dari diri sendiri.
 
"Salah satunya mencuci tangan pakai sabun selama 40 detik, membersihkan handphone, menggunakan masker jika keluar rumah, dan yang paling penting social distancing atau di rumah aja," jelasnya dalam Bincang Publik di Radio Dakta, Jumat (20/3).
 
Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kota Bekasi, Okta Mutiara
 
Bagi mereka yang merasakan sakit, dianjurkan untuk menggunakan masker agar tidak menularkannya kepada orang lain dan menjaga etika batuk.
 
Seperti diketahui, virus corona ini menyebar melalui droplet atau air liur yang dikeluarkan dari bersin dan batuk.
 
"Mereka yang bergejala disarankan untuk minum air hangat dan berjemur di bawah sinar matahari, karena virus tidak bisa bertahan lama terkena panas matahari," terangnya yang juga Tim Dokumentasi dan Informasi Covid-19 Dinkes Kota Bekasi. 
 
Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik atas kasus virus corona ini, dan senantiasa mengikuti arahan dari pemerintah pusat maupun daerah. **
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1976 Kali
Berita Terkait

0 Comments