Oase Iman /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 18/03/2020 12:03 WIB

Tafsir Surat Pilihan di Al Quran Ini Bisa Anda Pelajari dan Pahami

Ilustrasi mempelajari Al Quran
Ilustrasi mempelajari Al Quran
DAKTA.COM - Sebagai seorang muslim, tidak cukup hanya dengan mencantumkan identitas di KTP serta menyebutkan bahwa dia adalah seorang muslim.
 

Butuh lebih dari sekadar pengakuan dan formalitas untuk mengukuhkan bahwa seseorang adalah muslim sejati. Sebagai seorang muslim baik, ada baiknya mengamalkan ajaran agama Islam agar tidak disebut sebagai Islam KTP. Untuk menjadi muslim yang baik, diperlukan kerja keras untuk mengamalkan hal-hal baik di dalam Al Qur’an untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Selalu berpegang teguh dengan Al Qur’an dan sunnah yang dianjurkan di dalam Islam juga diperlukan agar menjadi seorang muslim yang baik.

 

Dalam berpegang teguh pada Al Qur’an, pastinya sikap kita harus mencerminkan ajaran yang ada di dalam kitab suci Al Qur’an. Langkah yang tepat untuk menerapkan hal baik dan positif di dalam Al Qur’an adalah dengan cara memahami isi Al Qur’an dengan baik dan benar. Setelah kita berusaha memahaminya, maka kemudian mendakwahkan amalannya dan kemudian mendakwahkan isinya kepada kaum muslim lainnya.

 

Supaya bisa terbantu dalam memahami isi Al Qur’an dengan baik,  ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan mengikuti pengajian ataupun kajian yang membahas tafsir Al Qur’an. Bila tidak sempat untuk mengikuti pengajian maka bisa melihat tafsiran Al Qur’an di beberapa sosial media, seperti YouTube.

 

Selanjutnya, agar lebih mantap dan yakin, pastinya Anda akan lebih suka untuk membaca tafsir Al Qur’an secara langsung. Saat kita mencoba mencari tafsiran surat-surat di dalam Al Qur’an, maka kita bisa menemukan beberapa tafsiran terpercaya dari berbagai lembaga yang sudah terpercaya dan valid.

 

Inilah beberapa penjelasan tafsir Al Qur’an yang disarankan untuk dibaca dan juga diamalkan dalam Al Qur’an. Tafsiran tersebut berisi beberapa surat dibawah ini.

 

1. Surat ke-36, Yasin. Surat pertama yang wajib diamalkan dan dibaca adalah Surat Yasin. Tafsiran surat ini amat disarankan untuk diamalkan. Ada beberapa hal yang mendasarinya. Salah satunya adalah tingkat kepopuleran surat Yasin ini paling tinggi dibandingkan surat lainnya. Surat ini seringkali dibaca saat akhir pekan ataupun peristiwa penting lainnya. 1

 

2. Surat ke-18, al-Kahfi. Tak hanya Surat Yasin saja, Anda bisa menghafalkan tafsiran surat lainnya yaitu Surat Al – Kahfi. Surat ini biasanya rutin dibaca oleh kaum muslim saat akhir pekan khususnya malam Jumat. Dengan membaca tafsirannya, maka Anda akan mengetahui kandungan dan juga makna di dalamnya.

 

3. Surat ke-56, al-Waqiah. Tafsiran surat Al – Waqiah ini bisa Anda baca setiap pekannya. Ada hadits yang mengharuskan untuk membaca surat ini. Tak heran banyak kaum muslim yang membaca tafsiran surat ini sehingga Anda paham makna di dalamnya dengan baik.

 

4. Surat ke-55, ar-Rahman. Surat ini adalah salah satu surat yang terkenal dengan susunan ayat yang menawan. Surat ini seringkali dibacakan oleh imam di masjid saat shalat berjamaah. Tentu saja surat ini layak untuk dipahami.

 

5. Surat ke-2, al-Baqarah. Saat Anda kecil, pastinya Anda disuruh oleh guru agama untuk mempelajari surat Al Baqarah. Surat ini merupakan surat panjang dengan berbagai keistimewaan. Makna dan kandungan surat ini juga bisa menuntun kehidupan Anda di dunia agar lebih baik.

 

6. Surat ke-67, al-Mulk. Surat ini biasanya dibaca oleh kaum muslim saat akan tidur. Karena Anda setiap hari pasti tidur, maka tak ada salahnya untuk membaca dan memahami tafsiran ayat ini.

 

7. Surat ke-1, al-Fatihah. Ini adalah surat utama di dalam bacaan sholat Anda. Surat ini bisa dibaca sehari minimal 17 kali dalam sehari. Tak hanya dibaca saja tetapi Anda harus memahami tafsiran surat ini.

 

8. Surat ke-93, adh-Dhuha. Apakah Anda sering sholat dhuha? Surat ini biasanya dibaca saat menjalankan surat sunnah Dhuha. Tak hanya sering membacanya saja, Anda harus mencoba mengamalkan tafsiran surat ini.

 

9. Surat ke-78, an-Naba. Tafsiran surat lainnya adalah surat An-Naba. Surat ini sangat spesial dan memiliki makna tersendiri. Tak ada salahnya bila Anda mencoba memahaminya saat ini.

 

10. Surat ke-12, Yusuf. Surat ini memiliki sejarah dan kisah paling indah di dalam Al Qur’an. Untuk lebih mengetahui kisahnya, maka Anda bisa memahami tafsiran surat ini. **

 

Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 2732 Kali
Berita Terkait

0 Comments