Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 11/03/2020 16:13 WIB

Biro Umroh Harus Pastikan Jamaah Bebas Corona

Konpres Jama ah Muslimin
Konpres Jama ah Muslimin
JAKARTA, DAKTA.COM - Kesatuan umat Islam sedunia mengeluarkan pernyataan sikap dalam menanggapi keputusan Pemerintah Arab Saudi atas keputusan menangguhkan sementara perjalanan umrah dengan alasan mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).
 
Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur dari Jama’ah Muslimin menyatakan bahwa pihaknya menghargai usaha pemerintah Arab Saudi dalam mencegah penyebaran virus corona. Akan tetapi hal itu perlu disempurnakan dengan kerja sama dan bantuan negara-negara lain khususnya negara Islam dalam upaya pencegahan tersebut.
 
“Kami menghargai keputusan penundaan tersebut, namun diharapkan agar perjalanan umrah bisa dibuka kembali secepatnya sebagai upaya melanjutkan tugas suci sebagai Khadimul Haramain Syarifain,” ujarnya saat temu media di Jakarta, Rabu (11/3).
 
Imaam Yakhsyallah mengatakan, untuk menghindari penyebaran virus corona khususnya di kalangan jamaah umrah maka dia menyarankan agar pemerintah Saudi melakukan tindakan preventif dengan cara meminta jaminan kepada biro perjalanan (travel) bahwa jamaah yang dibawanya dinyatakan aman dari virus corona oleh dokter (otoritas kesehatan). 
 
Untuk maksud ini perlu diminta pengawasan yang ketat dari pemerintah masing-masing negara bahwa travel biro yang melanggar harus diberi sanksi terberat. Hal ini penting karena terkait keselamatan orang sedunia.
 
Pemerintah Saudi juga harus melakukan upaya maksimal di Makkah dan Madinah dengan pemeriksaan dan tindakan medis apabila masih ada jamaah yang terindikasi terjangkit virus corona.
 
“Kami berharap agar penyelenggaraan haji pada Dzulhijjah 1441 H dan seterusnya tidak terkendala dengan adanya virus corona serta hambatan lainnya,” pungkasnya.
 
Imaam Yakhsyallah menyerukan, seluruh jamaah Muslim dapat mendoakan semoga pelaksanaan haji dan umrah tetap dapat terselenggara sesuai dengan tuntunan syariat sehingga dapat tercapai tujuan utama, yaitu mewujudkan persatuan dan kesatuan ummat Islam yang rahmatan lil alamin sesuai dengan contoh Rasulullah Muhammad dan para sahabatnya. **
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1432 Kali
Berita Terkait

0 Comments