Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 05/03/2020 09:29 WIB

Khawatir Corona? Ini Kata Dirut RSUP Persahabatan

Konpres RSUP Persahabatan terkait pencegahan virus corona
Konpres RSUP Persahabatan terkait pencegahan virus corona
BEKASI, DAKTA.COM - Direktur Utama RSUP Persahabatan, dr. Rita Rogayah Sp.P(K) mengimbau masyarakat tidak perlu panik apabila tidak pernah punya riwayat bepergian ke negara yang menjadi pusat penyebaran virus corona (Covid-19). 
 
Rita membenarkan pernyataan dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) yang menyebut bahwa masyarakat yang mempunyai kemungkinan terpapar virus corona, hanya apabila mereka mempunyai riwayat berkunjung ke negara yang menjadi pusat penyebaran virus. 
 
"Informasi itu benar, jadi jika tidak pernah ke 19 negara yang menjadi pusat wabah, atau kontak langsung dengan pasien yang dinyatakan positif terkena virus tersebut tidak perlu cemas," ungkap dr. Rita di Jakarta, Kamis (5/3). 
 
Apabila masyarakat juga tidak melakukan kontak dengan warga negara asing dalam keadaan sehat dan tidak pernah bepergian keluar negeri, maka tidak perlu dikhawatirkan. 
 
"Jadi jika tidak pernah punya riwayat seperti itu, sebaiknya masyarakat tidak perlu khawatir. Jangan lupa juga selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum beraktivitas," imbuhnya. 
 
Sebelumnya Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia menekankan agar masyarakat tidak perlu bepergian ke lokasi yang menjadi pusat penyebaran virus corona. 
 
Menurut salah satu pengurus pusat IAKMI, dr Syahrizal Syarief mengatakan dengan terjadinya kasus positif corona dari dua orang warga Depok, maka masyarakat diminta untuk tidak mendekati sumber penyebaran virus. 
 
Mereka juga mengimbau agar masyarakat perlu mewaspadai penyebaran virus corona tetapi tidak disertai rasa panik dan ketakutan yang terlalu berlebihan. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 663 Kali
Berita Terkait

0 Comments