Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 01/03/2020 09:31 WIB

Beragam Manfaat Daun Bidara, Apa Saja?

Daun Bidara
Daun Bidara
DAKTA.COM - Buah dari pohon bidara biasanya dimanfaatkan untuk dibuat manisan. Namun daun bidara ternyata menyimpan banyak manfaat. Apa saja ya?
 
Daun yang masih muda dari pohon bidara bisa dijadikan sayuran. Akan tetapi daun bidara jika diremas dengan air agak sedikit berbusa. Sehingga pengobatan tradisional sering menggunakan air rebusan daun bidara.
 
Tak banyak yang tahu tentang daun bidara? Pohon daun bidara adalah sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering.
 
Apa Manfaat Daun Bidara?
 
1. Menyembuhkan Luka
 
Daun bidara mengandung alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin hingga minyak atsiri. Akan tetapi semua kandungan ini ada lebih banyak di akar bidara.
 
Daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri sehingga dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Kandungan senyawa glikosida di daun bidara membantu menghilangkan bekas luka bakar atau bekas goresan.
 
Cara pengaplikasiannya adalah mengonsumsi air rebusan daun bidara dan mengoleskannya pada luka.
 
2. Menghilangkan Jerawat
 
Daun bidara juga bisa membantu mengempiskan jerawat. Caranya adalah menyiapkan beberapa lembar daun bidara kemudian ditumbuk halus. Tambahkan sedikit lemon hingga kental.
 
Lalu oleskan pada bagian yang berjerawat dan diamkan hingga mengering. Bilas hingga bersih.
 
3. Mencegah Kulit Kering
 
Tak hanya berjerawat, daun bidara juga bisa membantu kulit tetap lembap. Daun bidara dikenal sebagai bahan perawatan kecantikan kulit sudah dilakukan sejak zaman China kuno. Bisa mencegah kulit kering, daun bidara dapat digunakan untuk perawatan kulit tangan, kaki hingga wajah.
 
4. Perawatan Kecantikan
 
Daun bidara juga dapat mengatasi penuaan dini dan mencegah keriput ataupun lingkaran hitam. Ambil beberapa lembar daun bidara dan tumbuk halus serta campur dengan air hingga kental. Gunakan sebagai masker hingga kering dan bilas dengan air hangat agar wajah tetap bersih terawat.
 
5. Mengatasi Flu
 
Daun bidara mengandung antibakteri yang bisa menangkal virus dan bakteri. Pada dasarnya flu disebabkan oleh virus yang dapat disembuhkan dengan menggunakan daun bidara.
 
6. Menjaga Kesehatan Mulut
 
Kesehatan mulut tidak hanya bisa dijaga dengan menggosok gigi tetapi bisa dengan daun bidara. Kandungan antioksidannya bisa membantu atasi masalah mulut seperti sariawan hingga bibir pecah-pecah.
 
7. Atasi Insomnia
 
Punya masalah yang berhubungan tidur? Daun bidara mengandung saponin yang dipercaya bisa memberikan efek menenangkan. Mengonsumsi teh daun bidara bisa menghindari insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.
Editor :
Sumber : detik.com
- Dilihat 5347 Kali
Berita Terkait

0 Comments