Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 24/02/2020 14:31 WIB

Darul Quran Kaji Dampak Program Kampung Quran

Abdul Ghofur Dirut Laznas PPPA Darul Quran
Abdul Ghofur Dirut Laznas PPPA Darul Quran
JAKARTA, DAKTA.COM - PPPA Daarul Quran menggelar diskusi publik terkait dampak program kampung Quran di berbagai daerah yang telah berjalan sejak 8 tahun lalu.
 
Kampung Quran adalah program dakwah Al-Qur’an berbasis kawasan, lingkungan, dan komunitas yang berada di wilayah terpencil, minoritas, bekas terdampak bencana, dan jauh dari akses peradaban. Bergulir sejak 2011 silam, program ini telah melahirkan 11 kampung Quran di seluruh Indonesia. 
 
Kampung Quran yang pertama kali berdiri adalah Kampung Quran Merapi sebagai bentuk bantuan pemulihan pasca bencana erupsi Gunung Merapi pada akhir 2010 silam. Kemudian disusul Kampung Quran di NTT, Purworejo, Jawa Timur, Halmahera Barat, Lombok Timur, Lombok Utara, Sulawesi Selatan, Malang, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Utara. 
 
Setelah sewindu keberadaan Kampung Quran, PPPA Darul Quran bersama Pusat Studi Bisnis dan Ekonomi Syariah (VI-BEST) dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di bawah naungan IPB mengkaji manfaat dari keberadaan program tersebut. 
 
"Kami melihat pelaksanaan program ini mendapatkan apresiasi sangat baik dari masyarakat sekitar, walaupun ada beberapa catatan perbaikan," ungkap Kepala CI-BEST, Lukman Mohammad Baga di Jakarta, Senin (24/2). 
 
Lukman mengatakan, penilaian ini terlihat dari kecepatan pemberian bantuan, kecukupan bantuan yang diberikan, ketepatan pemberian bantuan kepada sasaran, keterampilan serta sikap petugas di lapangan. 
 
Sementara itu, GM Pendidikan, Kemanusiaan, dan Pemberdayaan PPPA Darul Quran, Ustadz Sholehuddin menyambut positif hasil kajian ini sebagai evaluasi mereka agar memiliki hasil yang lebih baik lagi. 
 
"Hasil penelitian ini sangat positif dan membantu. Insya Allah kita akan bikin lagi kampung Quran, namun kita akan maksimalkan dulu yang sudah ada," ujar Sholehuddin. **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 495 Kali
Berita Terkait

0 Comments