Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 19/02/2020 10:30 WIB

Pengobatan dan Sosialisasi PHBS Bagi Warga Tak Mampu

sosialisasi perilaku PHBS dan pemeriksaan serta pengobatan gratis di Puskesmas Sumur Batu
sosialisasi perilaku PHBS dan pemeriksaan serta pengobatan gratis di Puskesmas Sumur Batu
BEKASI, DAKTA.COM - Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS Indonesia dan BAZNAS Kota Bekasi kembali mengadakan kegiatan di Kelurahan Sumurbatu. Pada acara tersebut terdapat senam sehat, sosialisasi perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan pemeriksaan serta pengobatan gratis bekerjasama dengan Puskesmas Sumur Batu Bantar Gebang Kota Bekasi. 
 
"Kesadaran untuk hidup bersih dan sehat penting dipahami warga terutama yang tinggal di dekat TPST Bantar Gebang," kata Sahabat ZCD Abdul Latief kepada Dakta, Selasa (18/2).
 
Ia menjelaskan ada 10 pola hidup bersih yang disampaikan petugas Puskesmas Bantar Gebang, Alfiah Mustika Putri;
 
(1) Menjalani persalinan yang dibantu oleh tenaga medis ahli, (2) Memberikan ASI eksklusif, (3) Menimbang bayi dan balita setiap bulan, (4) Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, (5) Menggunakan air bersih, (6) Menggunakan jamban, (7) Memberantas sarang nyamuk, (8) Mengonsumsi buah dan sayur, (9) Melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan (10) Tidak merokok.
 
Sebelumnya, warga yang mayoritas ibu-ibu mengikuti senam sehat. Target penerima manfaat kegiatan pagi itu sebanyak 100 orang. Hadir pula perwakilan ZCD BAZNAS Indonesia Andriadi Affandi beserta tim, Lurah Sumurbatu Abdul Rohim dan Kessos Kecamatan Bantar Gebang Ahmad Jaenuddin.
 
Lurah Sumur Batu Abdul Rohim memotivasi warganya untuk aktif dalam setiap kegiatan yang diinisiasi BAZNAS, sebab Sumurbatu adalah satu di antara 15 wilayah yang dipiilih untuk mendapatkan program percontohan Kampung Zakat secara nasional.
 
“Saya atas nama kelurahan menerima dan siap bersinergi dalam setiap kegiatan dengan BAZNAS, karena bagaimana pun ini demi kemajuan warga dan lingkungan. Jadi, sekecil apa pun kegiatannya, kami siap mendukung, sebab aspek yang saya kira penting untuk diperhatikan adalah kesehatan warga,” kata Rohim. **
Reporter : Jaenudin Ishaq
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 739 Kali
Berita Terkait

0 Comments