Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 12/02/2020 13:13 WIB

DPR Dukung Pemerintah Tolak Kepulangan WNI Eks ISIS

Wakil Ketua DPR RI, Aziz Syamsudin (istimewa)
Wakil Ketua DPR RI, Aziz Syamsudin (istimewa)
JAKARTA, DAKTA.COM - Wakil Ketua DPR RI, Aziz Syamsudin mendukung sikap pemerintah yang menolak pemulangan WNI eks ISIS ke Tanah Air. 
 
Aziz menilai apa yang diputuskan oleh pemerintah terkait polemik pemulangan WNI yang tergabung dalam kelompok ISIS sudah tepat. 
 
"Secara mekanisme yang dibenarkan, itu memungkinkan untuk tidak diterima, atau diterima dengan pertimbangan, atau diterima dengan persyaratan-persyaratan ketat, itu memang ada aturannya," ujar Aziz di Jakarta, Rabu (12/2). 
 
Namun menurut Aziz, Kemenkopolhukam tetap harus mendata terkait dengan siapa saja WNI yang tergabung dalam organisasi tersebut karena diantara mereka terdapat anak-anak yang harus tetap dilindungi. 
 
"Kan masih akan mendata, dari data itu kalau bagi anak-anak di bawah 10 tahun akan dipertimbangkan untuk itu, ada pernyataan dari Menkopolhukam seperti itu kan?" imbuhnya. 
 
Pemerintah memutuskan tak akan memulangkan WNI eks ISIS di luar negeri ke Indonesia. Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil berdasarkan pertimbangan keamanan bagi 267 juta penduduk di Indonesia. 
 
Kendati demikian, menurut Mahfud, pemerintah akan mendata jumlah valid WNI eks ISIS berikut identitas mereka secara lengkap. Pemulangan anak-anak di bawah usia 10 tahun juga akan dipertimbangkan. **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 605 Kali
Berita Terkait

0 Comments