Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 12/02/2020 15:27 WIB

Baca Buku Semakin Asyik di Perpusnas dan iPusnas

Perpustakaan Nasional RI di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat (DOK. PENNY KURNIA PUTRI)
Perpustakaan Nasional RI di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat (DOK. PENNY KURNIA PUTRI)
BEKASI, DAKTA.COM - Masyarakat diajak agar giat membaca buku karena bangsa yang besar adalah bangsa yang gemar membaca buku. Dengan membaca buku maka wawasan seseorang akan bertambah luas serta akan meningkatkan kecerdasan dan pengetahuannya.
 
Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan di Perpusnas RI, Woro Titi Haryanti mengatakan sebenarnya minat masyarakat untuk membaca sudah lebih baik, akan tetapi ketersediaan buku dan akses informasi masih kurang difasilitasi.
 
Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk datang ke gedung Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI agar bisa membaca buku sepuasnya dengan tempat yang nyaman dan Instagrameble.
 
"Di Perpustakaan Nasional itu dilengkapi dengan beragam macam buku, apalagi akses WiFi kencang, tempat yang nyaman dan kekinian banget, jadi kita mengajak masyarakat untuk datang ke gedung Perpusnas RI," katanya dalam Bincang Publik di Radio Dakta, Rabu (12/2).
 
Bincang Publik bersama Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan di Perpusnas RI, Woro Titi Haryanti
 
Menurutnya, di Perpusnas yang berlokasi di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat ini, pengunjung yang hadir tidak hanya disuguhkan dengan buku yang sangat lengkap, tetapi di sana juga bisa mengembangkan keterampilan dan melakukan aktivitas lainnya.
 
"Jadi kita itu tidak ekslusif hanya untuk mereka yang ingin mengerjakan skripsi saja misalkan, tetapi kita inklusif terbuka untuk semua," ujarnya.
 
Selain bisa mengunjungi Gedung Perpusnas RI dengan 27 lantai dan layanan yang memadai itu, masyarakat juga bisa mengakses buku-buku melalui layanan aplikasi iPusnas yang merupakan perpustakaan digital bergerak.
 
"Aplikasi iPusnas bisa diunduh di Play Store dan App Store. Jadi membaca buka bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. Tersedia dengan ribuan macam genre," ucapnya.
 
Ia menambahkan, Perpusnas RI juga memiliki layanan e-Resources seperti jurnal, ebook, dan karya-karya referensi online lainnya. 
 
Setiap anggota Perpusnas yang telah memiliki nomor anggota yang sah, dapat memanfaatkan layanan koleksi digital jurnal online e-Resources. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 626 Kali
Berita Terkait

0 Comments