Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 05/02/2020 16:11 WIB

Pemkab Bekasi Harus Punya Target Perbaiki Fasilitas Sekolah

Kondisi SDN Samudera Jaya 04 di Tarumajaya, Kabupaten Bekasi yang sangat memprihatinkan
Kondisi SDN Samudera Jaya 04 di Tarumajaya, Kabupaten Bekasi yang sangat memprihatinkan
CIKARANG, DAKTA.COM - Pemerintah Kabupaten Bekasi diminta memiliki target penyelesaian perbaikan infrastruktur dan fasilitas sekolah.
 
Hal ini menyusul banyaknya sekolah rusak, salah satunya SDN Samudrajaya 04 Kecamatan Tarumajaya, bahkan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi mencatat, ada 300 sekolah yang rusak ringan, sedang, maupun berat telah diajukan perbaikan tahun ini.
 
Belum lagi, minimnya fasilitas bangku dan meja di masing-masing sekolah sehingga mengakibatkan siswa belajar di lantai
 
Pengamat Pendidikan dari Sekolah Tinggi Bisnis Islam (STEBI) Cikarang Kabupaten Bekasi, Teguh Wibowo mengatakan sebagai praktisi pendidikan tentunya merasa miris jika melihat masih banyak ruangan kelas yang rusak.
 
"Oleh karena itu perlu ada upaya dari pemerintah daerah untuk dapat menyelesaikan perbaikan sekolah yang kurang layak dengan menggunakan APBD," katanya di CIkarang, rabu (5/2).
 
Ia mengaku, banyaknya sekolah rusak itu karena bangunan sudah tua, sementara perawatannya tidak dilakukan sehingga mengakibatkan kerusakan.
 
Ia menyarankan agar Pemkab Bekasi melibatkan perusahaan untuk menyelesaikan persoalaan fasilitas dan infrastruktur pendidikan.
 
Hal itu bisa dilakukan dengan memanfaatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari ribuan perusahaan yang di wilayahnya
 
"Perlu adanya anggaran yang memang dikhususkan bagi sekolah rusak, jika dibutuhkan, pemerintah daerah tinggal mengambil saja dari dana itu. Pemkab juga harus memiliki target waktu kapan sekolah yang ada di wilayahnya bebas dari kerusakan," tegasnya. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1775 Kali
Berita Terkait

0 Comments